Home » » MENYIKAPI PERMASALAHAN – PERMASALAHAN SPP PNPM-MPd DALAM KELEMBAGAAN BKAD KEC. DAGANGAN

MENYIKAPI PERMASALAHAN – PERMASALAHAN SPP PNPM-MPd DALAM KELEMBAGAAN BKAD KEC. DAGANGAN

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 09 Januari 2014 | 13.42



MADIUN - Dalam menyikapi permasalahan yang terjadi khususnya dikecamatan dagangan terkait dengan pinjaman yang melalui program PNPM-MPd, kita harus luwes dan melalui pendekatan sehingga kelompok SPP PNPM-MPd tidak merasa tertekan. Dalam dekade Tahun 2012 kemarin bahwa di kecamatan dagangan ada kendala terjadinya kemacetan yang luar biasa, tetapi tetap dengan cara pendekatan yang dilakukan oleh BKAD yang di komdani oleh H. Sarkun tetap tidak patah semangat terus melakukan penyelesaian yang didukung dan di bantu oleh FK dan FT walaupun sampai saat belum bisa selesai semuannya.
Anggota BKAD yang setiap bulannya selalu mengadakan pertemuan rutin sangat bermanfaat karena dari pertemuan itulah anggota BKAD dan perangkat upk bisa melakukan koordinasi sehingga perjalanan kegiatan PNPM-MPd di kecamatan dagangan bisa berjalan dengan baik. Tim juga di hadiri oleh BP-UPK untuk mengaudit permasalahan agar dalam menyikapi permasalahan dari tim BKAD tidak merasa kesulitan.
Langkah awal dalam kita menyikapi permasalahan terjadinya kemacetan di Kecamatan Dagangn, awalnya koordinasi dengan UPK kemudian BKAD akan memusywarahkan bersama jajarannya yang kemudian ditindak lanjuti bersama-sama oleh UPK dan jajaran BKAD tersebut. Beberapa kelompok yang pernah terjadi di Kecamatan Dagangan sampai saat ini ada beberapa kelompok yang hampir terselesaikan dan ada beberapa anggota kelompok yang belum terselesaikan. BKAD dalam konteks ini adalah sebuah lembaga yang dibentuk atas dasar kesepakatan masing-masing desa di satu wilayah kecamatan PNPM-MPd yang diputuskan melalui MAD dengan tujuan untuk melindungi dan melestarikan hasil-hasil PNPM-MPd 
Yang terdiri dari hasil kegiatan sarana-prasarana maupun perguliran dana, sehingga BKAD yang ikut andil dalam penanganan masalah termasuk penyelesaian kemacetan yeng terjadi di wilayah kecamatan tersebut.
Seiring dengan tumbuhnya kesadaran tentang pentingnya partisipasi dalam keputusan untuk mencapai kemandirian dan kesejahteraan. Program PNPM-MPd telah berhasil meletakkan dasar ini membutuhkan penataan kelembagaan PNPM-MPd. Untuk itulah dibentuklah Forum Musyawarah Antar Desa. Dalam perkembangannya muncul kesadaran tentang manfaat yang mendasari kebutuhan bagi penguatan pelestarian forum MAD menjadi badan kerja sama antar desa untuk memenuhi amanat Undang-Undang dan menjaga opsi partisipasi masyarakat sebagaimana telah dilakukan melalui PNPM-MPd. Dan untuk menjalankan kebijakan pelestarian hasil-hasil  PNPM-MPd, BKAD memberikan mendata kepada UPK sebagai pelaksana teknisnya.
Setelah melihat dari analisa tersebut bukti nyata bahwa PNPM-MPd sangat diharapkan keberlanjutannya karena dengan adannya program ini wilayah Kecamatan Dagangan bisa dikatakan berganti wajah, dulunya jalan tidak bisa dilewati karena masih jalan tanah dan berlumpur sekarang berkat PNPM-MPd masyarakat bisa tersenyum dan bisa menikmati hasil. Dengan adannya program ini baik sarana-prasarana maupun simpan pinjam kelompok SPP sangat membantu dan masyarakat merasa diuntungkan. Ditulis oleh : Rum Ahmadi - FK Kecamatan Dagangan 
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger