Home » , » Meningkatkan Fungsi Papan Informasi

Meningkatkan Fungsi Papan Informasi

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Jumat, 10 Januari 2014 | 11.28




Contoh Papan Informasi PNPM MPd Kec Padas
NGAWI - Papan Informasi (PI) merupakan media penyebarluasan informasi berbagai kegiatan desa dan pembangunan di desa, dengan tujuan agar masyarakat bisa mengetahui semua kegiatan PNPM MPd yang berlangsung di desanya, termasuk kemajuan kegiatan atau masalah, hingga laporan penggunaan dana. selain itu, PI merupakan media pembelajaran ‘keterbukaan’ dan pertanggung-jawaban dalam proses kegiatan pembangunan pada masyarakat bahkan PI bisa difungsikan sebagi media pencerahan bagi masyarakat.
Setiap desa minimal harus memiliki sebuah PI. Agar dapat dilihat oleh sebanyak-banyaknya warga desa, maka PI harus ditempatkan di lokasi umum yang strategis, namun aman dari gangguan cuaca dan ulah tangan-tangan jahil misalnya di balai desa, pasar, pos ojek, pos kampling, dan lain-lain. Terkait dengan hal itu pengadaan Papan Informasi  harus direncanakan dan dikelola dengan baik oleh masyarakat untuk kepentingan masyarakat juga.
Di beberapa desa, pemanfaatan PI sebagai media sosialisasi ternyata cukup efektif. Ada warga yang sebelumnya sama sekali tidak mengenal program akhirnya mengetahuinya, karena tidak sengaja melewati PI. Dari nomor kontak dan alamat KPMD/ Fasilitator, banyak warga yang meminta penjelasan tambahan dan kemudian menjadi pemanfaat kegiatan program. Berkat inovasi informasi di PI, tingkat kehadiran warga dalam setiap forum musyawarah pun meningkat. 
PI merupakan salah satu media informasi yang sederhana tapi efektif. Terkait fungsinya sebagai media pencerahan, PI bisa difungsikan sebagai majalah dinding (mading) yang memuat berbagai macam rublikasi tidak hanya memuat hal-hal terkait dengan PTO saja akan tetapi juga memuat artikel atau cerita-cerita membangun motivasi sebagi pencerahan masyarakat untuk berubah dari keterpurukan, misalnya kiat-kiat sukses usaha kue, berternak, dsb. Bahkan cerita atau gambar humor pun boleh dimuat asalkan tidak melanggar UU dan etika. PI juga boleh menampilkan iklan dari produk-produk kelompok.
Oleh sebab itu pemanfaatan PI yang efektif dengan memaksimalkan fungsi-fungsi yanga ada dengan sentuhan kreatifitas yang baik didukung penempatan PI yang representatif maka keberadaan PI sangat dibutuhkan masyarakat tidak hanya sebagai media informasi program saja akan tetapi keberadaannya membawa nuansa baru bagi masyarakat seperti halnya media koran, majalah bahkan televisi.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger