Home » » Kerudung Bordir Desa Babakbawo Membawa Berkah Pengalihan Kegiatan SPP PNPM-MPd TA 2013

Kerudung Bordir Desa Babakbawo Membawa Berkah Pengalihan Kegiatan SPP PNPM-MPd TA 2013

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Rabu, 15 Januari 2014 | 13.36

Peserta Pelatihan Bordir Kerudung bersama 
Pengurus UPK dan PL-UPK
GRESIK - Implementasi  kegiatan  Pengalihan Kegiatan Simpan Pinjam Khusus Kelompok Perempuan (SPP) PNPM Mandiri Perdesaan TA 2013 tentang lokasi Kecamatan yang dalam pengelolaan dana bergulir memiliki tingkat kolektibilitas lebih dari 10 % atau memiliki pengendapan dana (idle fund) lebih dari 15 %.  Kecamatan Dukun merupakan salah satu Kecamatan di Kabupaten Gresik yang terkena kebijakan tersebut.  Sesuai dengan mekanisme program usulan kegiatan berasal dari Musyawarah Khusus Perempuan (MKP) yang dihadiri oleh sebagian warga masyarakat desa Babakbawo dari unsur perempuan yang banyak memilki usaha menjahit maupun membordir  serta ada juga  yang berlatarbelakang sebagai tenaga kerja usaha home industri bordir.
Hasil musyawarah bersepakat mengusulkan kegiatan peningkatan kapasitas kelompok usaha ekonomi produktif dengan Kegiatan Bordir Kerudung.  Melalui kelompok Usaha Ekonomi Kelompok Perempuan dengan nama Kelompok Seruni 1 diketuai Ibu Asyiah bergabunglah 20 orang anggota  bersepakat untuk meningkatkan kapasitas diri dalam keterampilan membordir kerudung sebagai usaha untuk mengembangkan usaha guna menambah pendapatan keluarga.
Praktek Membordir Kerudung oleh Peserta  Pelatihan
Dengan nilai kegiatan sebesar Rp. 23.231.500,- dimanfaatkan sebanyak 20 anggota pemanfaat telah melaksanakan kegiatan Pelatihan Membuat Bordir Kerudung pada tanggal 16-17 Desember 2013 bertempat di Balai Desa Babakbawo.  Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti semua materi yang diberikan oleh narasumber.  Semangat peserta dimotivasi juga berkat adanya kerjasama kelompok dengan salah satu pengusaha lokal yang siap menampung hasil produksi dari Kerudung / jilbab yang dibuat oleh kelompok. Dengan demikian masalah pemasaran sedikit terjawab, tinggal bagaimana kualitas produksi kerudung / jilbab bisa bersaing di pasaran. ” Diharapkan usaha kelompok Seruni memproduksi  Kerudung / Jilbab ini bisa dikembangkan, ditingkatkan kualitasnya serta didukung dengan alat / mesin yang lebih baik, sehingga produksi Kerudung / Jilbab dari Desa Babakbawo bisa lebih bersaing di pasaran ”.. demikian harapan Khamim Thohir Kepala Desa Babakbawo.
Ninis Dia Ayu Irawati – FK Pemberdayaan Kec. Dukun menjelaskan, konsep pelestarian kegiatan pengalihan SPP PNPM Mandiri Perdeaaan TA 2013 ini semua alat dan sarana pendukung diletakan di rumah masing-masing anggota, namun semuanya tetap menjadi asset kelompok untuk dilestarikan dan dikembangkan didukung adanya pertemuan rutin dari kelompok dengan embrio kegiatan SPP Kelompok Seruni 1 Desa Babakbawo. Produksi kerudung / Jilbab dari Babakbawo ini selalu berpartisipasi dalam kegiatan pameran-pemaran yang diselenggarakan PNPM Mandiri  Perdesaan Kabupaten Gresik maupun Provinsi Jawa Timur.  Sedangkan pemasaran sudah merambah sampai pasar-pasar yang ada di Suarabaya, Pasar Turi, Lamongan, Gresik dan sebagian besar sudah diambil oleh pedagang-pedagang lokal.  Untuk membeli Kerudung / Jilbab Bordir dari Babakbawo ini dapat datang langsung di Kelompok Seruni Desa Babakbawo atau kontak langsung dengan Ketua Kelompok Seruni 1 Ibu Asyiah Nomor HP.  0856 484 87485    atau Ketua UPK Kecamatan Dukun Bpk. Muslikh Nomor HP. 0857 845 55748.  Semoga bermanfaat (Ditulis oleh Tim PNPM-MPd Kecamatan Dukun)
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger