Home » » Impian Warga Dusun di Kecamatan Kare

Impian Warga Dusun di Kecamatan Kare

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 09 Januari 2014 | 14.07


Kondisi Awal Jalan Desa

MADIUN - Desa Cermo merupakan salah satu desa diwilayah kecamatan Kare dengan kondisi geografis berbukit, Cermo terdiri dari 5 dusun, yaitu Cermo, Ndolok, Koripan, Bodowaluh dan Poleng. Masyarakat Cermo sebagian besar merupakan petani penggarap sawah dan perkebunan dilereng hutan. Desa Cermo pembangunan infrastrukturnya sudah cukup memadai. Kondisi akses jalan sudah hampir semua berupa jalan lapis penetrasi aspal dan Telasah, saluran drainase sudah ada.
Namun ada salah akses desa yang menghubungkan antara dusun Poleng dengan dusun Bodowaluh yang kurang memenuhi syarat dikarenakan kondisinya yang berupa tanah serta menanjak dan menurun dan sudah lama rusak. Kondisi ini yang mengakibatkan masyarakat jika ingin melalui  atau mengirim hasil pertanian harus berhati-hati dan memutar mencari jalan alternatif.
Proses Pembuatan Begesting Jalan & Uitzet
Dikarenakan hal tersebutlah dalam musyawarah desa, masyarakat mengusulkan agar jalan tersebut diperbaiki, untuk itu dari tim desa mengajukan proposal pembangunan jalan rabat beton dan telford disebagian ruas jalan kepada Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan TA 2013, agar dapat nantinya terdanai. Dalam proses penulisan usulan melibatkan semua elemen masyarakat, baik perempuan maupun laki-laki, dalam proses tersebut terjadi perdebatan usulan tentang bentuk swadaya nantinya dan perawatannya, menghadapi usulan ini pemerintahan desa melibatkan tim teknis dari PNPM MP untuk meminta saran dan pendapat. Dari tim teknis menanyakan kembali pada masyarakat, serta bermusyawarah dengan masyarakat tentang swadaya serta perawatannya dan nantinya dalam pengerjaan akan melibatkan tenaga kerja dari desa sendiri. Akhirnya masyarakat sepakat bahwa jalan ini nantinya di patok awal dibuat Telasah dan dipatok selanjutnya dibuat rabat beton, dengan pertimbangan mereka bisa mengerjakan dan perawatannya mudah. Dalam MAD Prioritas Usulan tahun 2013, usulan ini menempati peringkat 12, dan dalam MAD Penetapan Usulan terdanai.  Dalam proses pengerjaan dimulai dari pembuatan begisting jalan dari kayu papan kuat klas II dan uitset untuk kemiringan serta tikungan jalan.


Pelaksanaan ini juga melibatkan tenaga perempuan dan tenaga dari RTM

Namun dikarenakan kondisi geografis yang berbukit serta kondisi alam yang kurang mendukung sehingga proses pengerjaan banyak menemui kendala terutama dimusim penghujan, matrial pasir yang susah masuk dan rawan hilang tergerus air hujan dan stok semen sementara ini masih tersendat dikarenakan untuk mengirim ke daerah pegunungan dari distributor ke supplier kemudian ke desa hanya bisa 1 armada dan itupun isinya hanya 125 sak, hal ini sudah dikoordinasikan dengan tim Faskab dan pihak distributor serta supplier.
Pada akhirnya setelah kendala non teknis ini teratasi muncullah kendala alam diluar kuasa manusia, dimana truck yang mengirim matrial tidak bisa sampai lokasi dan tidak bisa memenuhi target dari tim kecamatan dan kabupaten, namun atas bimbingan dari tim kecamatan dimana TPK desa Cermo yang bernama Soeroyo E. Atau lebih akrab dipanggil mbah royo cukup optimis dan punya kemauan yang kuat unutuk menuntaskan kegiatan ini agar nantinya akses jalan ini bisa dilalui dengan nyaman dan mudah sehingga perekonomian masyarakat bia terangkat. Sampai saat ini pengerjaan masih 50% dan masih berlangsung untuk berpacu dengan musim hujan.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger