Home » » Gedung Taman Kanak - Kanak [TK] Impianku

Gedung Taman Kanak - Kanak [TK] Impianku

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Jumat, 10 Januari 2014 | 13.09


Suasana pembelajaran di TK Gayuh Pertiwi sebelum dibangun
PACITAN - Masyarakat Dusun Sendang Desa Tahunan Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan yang dipimpin oleh Kasun Ari Widarsono beberapa kali mengusulkan Pembangunan Gedung TK melalui PNPM MP sejak tahun 2007 tetapi masih kandas dikalahkan oleh usulan lain. Dwi Lestyaningsih istri Kasun Ari Widarsono yang juga sebagai guru di TK Gayuh Pertiwi merasa sedih dan putus asa.
Tempat belajar  yang terbuat dari bilik bamboo dengan lantai tanah sudah banyak dimakan rayap, jika hujan kebocoran terjadi dimana-mana. TK Gayuh Pertiwi  berdiri tahun 2006 dengan kondisi masih menumpang di rumah Bapak Wasito hingga tahun 2008. Selanjutnya pindah kesebuah rumah/ gubuk bamboo bekas gudang pupuk milik dinas Pertanian denganukuran 3 X 5 meter.
Pada hari Selasa tanggal 18 Januari 2011 dalam suasana mendung dan hujan rintik-rintik Ibu Dwi Lestyaningsih bersama suaminya Kasun Ari Widarsono diikuti para wali murid dan beberapa ketua RT Dusun Sendang menghadiri Musyawarah Desa II PNPM-MPd di Balai Desa Tahunan.  Mereka berharap usulan Pembangunan Gedung TK Dusun Sendang bias terdanai tahun 2011 ini. “Hmm…..bagai membelah buah durian yang haruuum dan lezaaat rasanya”. Ungkapan Ibu Dwi Lestyaningsih dan para pengusul pembangunan Gedung TK setelah usulan mereka disetujui oleh peserta musyawarah desa.
Keadaan TK Gayuh Pertiwi sebelum dibangun

Beberapa minggu kemudian pada Musyawarah Antar Desa di Kecamatan Tegalombo, usulan Pembangunan gedung TK tersebut dinyatakan layak dan terdanai. Usulan kegiatan yang merupakan tempat didik anak-anak TK ini didanai dari alokasi kegiatan Paska Krisis  PNPM-MPd dengan nilai Rp.87.578,900 ,-
Perjuangan dan kerja keras masyarakat Dusun Sendang belum berhenti sampai disini, ketika droping material dilaksanakan terjadi hujan deras sehingga jalan licin dan material tidak bias sampai di lokasi kegiatan sehingga masyarakat dusun Sendang harus bergotong royong melangsir material.

Keadaan TK Gayuh Pertiwi sesudah dibangun pasca krisis 2011
TPK Desa Tahunan juga kerepotan mengatur jadwal kegiatan pelaksanaan Pembangunan Gedung TK tersebut karena jadwal pelaksanaan di bulan Nopember tahun 2011 hingga pebruari tahun 2012 bersamaan dengan musim tanam, namun semua permasalahan dapat diselesaikan berkat kerjasama yang baik antara TPK bersama masyarakat Dusun Sendang.
 
Di awal Maret tahun 2012 Gedung tk Gayuh Pertiwi sudah di tempati.  Ukuran bangunan 9 x 6 meter, terdiri dari ruang kelas satu unit, ruang guru satu unit dan toilet satu unit. Anak-anak sudah bias belajar dengan tenang, anak-anak juga dapat bermain dengan alat-alat permainan yang menyenangkan.  Ada 3(tiga) APE (Alat Permainan Educatif) luar berupa : tangga pelangi, papan titian dan ayunan. Juga ada 1(satu) set APE dalam. Ibu guru TK Dwi Lestyaningsih dan Nanik Yueni merasa senang, dimusim hujanpun kegiatan belajar mengajar bias berjalan lancar.  Orang tua walimurid yang menunggu anaknya belajar di TK juga merasa tenang dan nyaman.  Masyarakat khususnya wali murid siap bergotong royong memelihara gedung TK Gayuh Pertiwi ini.  Hingga sekarang dan ape meliharaan sudah terkumpul sebanyak Rp.288.000,- Dana tersebut berasal dari iuran wali murid sebanyak 16 orang dan iuran pemeliharaan sudah terkumpul sebelum menempati gedung yang baru. Ditulis oleh Sriyanto Pendamping Lokal Kec. TegalomboKab. Pacitan
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger