Home » » Hasil Pendampingan PNPM-MPd Akan Dipamerkan Dalam Pameran Hari jadi Kabupaten Tuban Ke-720

Hasil Pendampingan PNPM-MPd Akan Dipamerkan Dalam Pameran Hari jadi Kabupaten Tuban Ke-720

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Senin, 09 Desember 2013 | 12.42


Tuban - Tahun 2013 adalah tahun yang ke enam dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd) di Kecamatan Semanding. Kecamatan Semanding terdiri dari 15 Desa dan 2 Kelurahan dan semuanya ikut berpartisipasi dalam  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MPd). Desa Bejagung adalah salah satu desa yang ada di Kecamatan Semanding Kabupaten Tuban.
“Alhamdulillah Tahun 2013, pemerintahan desa mewakili seluruh masyarakat Desa Bejagung sangat senang karena dari PNPM-MPd kita mendapatkan dua kegiatan sekaligus yaitu Pelatihan Pembuatan Souvenir dan Pembangunan Jalan Telford yang ada di dusun Krajan”. Demikianlah Prolog yang disampaikan oleh Bapak Kusnadi Selaku Sekretaris Desa yang  sekaligus sebagai sekretaris BKAD Kecamatan Semanding dalam Acara  Monitoring pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Membuat Souvenir. 
Penanggungjawab Operasional Kegiatan (PjOK) PNPM-MPd Kecamatan Semanding, Bapak Sutijar, SE mengapresiasi terhadap desa Bejagung
karena telah mengusulkan kegiatan peningkatan kapasitas masyarakat yang berbeda dengan banyak desa lainya di Kecamatan Semanding ini yang apabila dimintai usulan hanya berorientasi di bidang pembangunan sarana prasarana (fisik/bangunan).
Pak Sutijar, SE menjelaskan, Pelatihan Keterampilan Membuat Souvenir ini nantinya akan menjadi warna tersendiri untuk Kecamatan Semanding pada khususnya. Karena selama ini Produk Unggulan Kecamatan yang selalu diikutsertakan di pameran-pameran baik event yang diselenggaran oleh internal PNPM-MPd  Kabupaten Tuban maupun yang diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Tuban .
“Akan tetapi dengan adanya pelatihan-pelatihan keterampilan seperti Pelatihan Keterampilan Membuat Souvenir  di Desa Bejagung, pelatihan Menjahit di Desa Semanding dan Tunah, pelatihan Membuat Makanan Ringan di Desa Tegalagung dan Prunggahan Wetan, Pelatihan Pembuatan Bio Gas di Desa Kowang serta pelatihan Merias di Kelurahan Gedongombo.
Tanggal 12 Nopember 2013 adalah hari jadi kabupaten Tuban yang ke-720, untuk memperingati sejarah tersebut Pemerintahan Kabupaten Tuban lewat Dinas Perekonomian dan Pariwisata Kabupaten Tuban akan mengadakan Pameran Pembangunan guna menginformasikan pada masyarakat Tuban atas pembangunan dan produk-produk unggulan Tuban yang lebih khususnya dari produk masing-masing kecamatan di kabupaten Tuban.
Dan untuk kecamatan semanding yang di ikut sertakan dalam pameran tersebut adalah binaan PNPM-MPd kecamatan Semanding yaitu hasil dari Pelatihan Pembuatan Souvenir yang berasal dari Desa Bejagung.
bu Ani Mukharomah adalah ketua kelompok dari peserta Pelatihan Keterampilan Membuat Souvenir yang juga sebagai KPMD Putri merasa senang dengan adanya kesempatan untuk memamerkan produk dari hasil pelatihan tersebut. Produk yang akan nantinya dibawa dalam pameran antara lain Souvenir rangkain bunga, souvenir tempat Tissu, souvenir tutup makanan, souvenir tutup galon dan souvenir tempat  air gelasan. Ditulis Oleh : L A S I A D I   (PL PNPM-MPd Kec. Semanding Kab. Tuban).
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger