Home » » Balai Desa Pun Tak Mampu Menampung Antusiasme Masyarakat Dalam Ikut Musyawarah Berpartisipasi Memajukan Desa

Balai Desa Pun Tak Mampu Menampung Antusiasme Masyarakat Dalam Ikut Musyawarah Berpartisipasi Memajukan Desa

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 05 Desember 2013 | 17.23

Lamongan - Desa Latukan dikenal sebagai sentra penghasil semangka. Setiap panen raya hampir selalu dihadiri oleh Bupati Lamongan. Terletak di sebelah barat Kecamatan Karanggeneng,  berbatasan dengan Kecamatan Sekaran. Semangka dari Latukan banyak diminati orang karena rasanya lebih manis. Dengan jumlah penduduk lebih dari 4.000 jiwa, Latukan menjadi desa terbanyak penduduknya di Kecamatan Karanggeneng. Wilayahnya sangat luas dengan infrastruktur jalan yang sebagian besar masih berupa jalan telford. Oleh karena itu, Drs. M. Jiono selaku Kepala Desa berpikir keras untuk mempercepat perbaikan infrastruktur tersebut. Sudah banyak usaha yang beliau lakukan semenjak dipilih oleh warga. Kalau hanya menggantungkan dari penerimaan ADD dan swadaya Masyarakat, tentunya akan memerlukan waktu yang sangat lama.
Dengan adanya PNPM-MPd, ada harapan yang lebih besar untuk lebih mempercepat untuk memperbaiki infrastruktur jalan di Latukan. Sejak tahun 2009 PNPM-MPd diluncurkan di Kecamatan Karanggeneng, Latukan telah mendapat BLM sebanyak tiga kali. Semua usulan berupa pembangunan jalan rabat beton. Sudah hampir 2 km jalan rabat yang berhasil dibangun melalui PNPM-MPd. Awalnya Desa Latukan merasa kesulitan untuk memperjuangkan usulannya hingga mendapat rangking yang bisa terdanai. Kendalanya adalah tingkat partisipasi warganya yang sangat rendah. Karena dengan tingkat partisipasi kehadiran warga yang rendah dalam kegiatan musyawarah desa bila dibandingkan dengan jumlah penduduk maka akan didapat prosentase kehadiran yang minimal. Ini tentunya berbeda dengan desa dengan jumlah penduduk yang kecil. 

Walaupun tingkat kehadirannya sama, namun bila diprosentase dengan jumlah penduduknya yang sedikit akan didapat nilai yang besar. Sebagai Kepala Desa P. Jiono, yang pernah mengikuti pemilihan kepala desa terbaik ditingkat kabupaten ini berpikir bagaimana caranya menghadirkan warga dalam kegiatan musyawarah desa agar Latukan mempunyai prosentasi partisipasi warga yang tinggi.   Akhirnya ditemukanlah jalan keluar yang selama ini belum banyak dilakukan oleh desa-desa yang lain. Pak Jiono menggabungkan kegiatan musyawarah desa Sosialisasi dengan kegiatan lain yang hampir sama, yaitu dengan kegiatan sosialisasi penerimaan sembako/raskin, sosialisasi pembuatan KTP/Akte Kelahiran dan lain-lain. Akibatnya sungguh luar biasa, warga hampir tumplek di Balai desa, bahkan karena tidak mencukupi warga sampai duduk lesehan di halaman.   Seperti yang kami alami ketika kami selaku tim monitoring dari PNPM-MPd kecamatan Karanggeneng menghadiri kegiatan MD Sosialisasi PNPM-MPd Tahun Anggaran 2014, pada hari Rabu tanggal 30 Oktober 2013. Kami sempat terkejut melihat begitu banyak warga yang berkumpul di Balaidesa hingga sampai di jalan. Kami mengira mungkin ada demo warga atau masalah di desa. Ternyata setelah kami mendekat, itu merupakan bentuk semangat dan antusiasme warga desa Latukan yang masih mengharapakan PNPM-MPd ada di desa Latukan berupa pembangunan sarana jalan. Demikianlah salah satu upaya desa latukan berkompetisi dalam PNPM-MPd melalui tingkat partisipasi warga dalam kegiatan Musdus. Semoga desa lainnya pun bisa mengikuti dengan mengajak warganya untuk lebih berpartisipasi dalam membangun desa.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger