Home » » “Uang Pinjaman Dari Dana SPP Ternyata Dapat Meringankan Beban Hidup Keluarga“

“Uang Pinjaman Dari Dana SPP Ternyata Dapat Meringankan Beban Hidup Keluarga“

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 22 Oktober 2013 | 13.48

Bondowoso - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) di wilayah kecamatan Klabang telah dimulai pada tahun anggaran 2009, dengan jumlah bantuan langsung masyarakat (BLM) sebesar Rp. 2.000.000.000,- (dua milyard rupiah). Diawali dengan tahapan sosialisasi di tingkat kecamatan (MAD Sosialisasi) dan dilanjutkan dengan tahapan berikutnya, yaitu Musyawarah Desa Sosialisasi (Musdes Sosialisasi) masyarakat sesara umum antusias menerima kehadiran PNPM MPd di wilayah kecamatan Klabang. Bahkan di desa Blimbing, yang salah satu desa di wilayah Kecamatan Klabang, masyarakatnya sangat mengharapkan adanya bantuan sosial yang dapat dimanfaatkan secara maksimal. Setelah Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa  (KMPD) terbentuk dan terpilih di Musdes Sosialisasi masyarakat sangat berharap agar nantinya dapat  membawa perubahan atas datangnya PNPM MPd di desanya. Setelah KPMD diadakan pembekalan dan pelatihan dasar yang selanjutnya ditindaklanjuti dengan proses penggalian gagasan kelompok dan gagasan dusun, para wakil perempuan mempunyai usulan seperti pada umumnya, yaitu mengajukan usulan Simpan Pinjam Khusus Perempuan (SPP). Sehingga setelah selesai mengadakan penggalian gagasan dengan pola pengkajian kondisi desa (PKD) tersebut dilanjutkan dengan tahapan berikutnya dengan Musyawarah Khusus Perempuan (MKP) yang merupakan sebuah forum perempuan yang biasanya dilakukan di tingkat desa dengan dihadiri perwakilan/utusan perempuan dari dusun-dusun.
Pada saat MKP tersebut usulan Simpan Pinjam Kelomok Perempuan (SPP) ditetapkan sebagai salah satu usulan dari desa Blimbing sebanyak 6 (enam) kelompok SPP, yaitu kelompok Anggrek, kelompok Melati, kelompok Kamboja,  kelompok Dahlia, kelompok Khusnul Khotimah dan kelompok Mawar yang mendampingi usulan lainnya. Berkat usaha yang sungguh-sungguh kelompok SPP kemudian terdanai sebesar Rp. 73.500.000,-  pada tahun anggaran 2009
Salah satu kelompok yang terdanai tersebut adalah kelompok Melati dan salah satu anggota kelompok SPP Melati tersebut bernama Ibu Warna tinggal RT.07 RW.02 dusun Krajan Desa Blimbing Kecamatan Klabang telah mendapat bantuan pinjaman SPP sebesar Rp. 1.000.000,- untuk mengawali  usaha membuat kerajinan Sarung Bantal.
Dalam kurun waktu kurang lebih 2 tahun usaha Ibu Warna tersebut telah membuahkan hasil dengan menambah jenis usaha dengan membuat korden ukuran kecil, sedang dan besar, bahkan membuat berbagai jenis taplak meja, dan tas untuk keperluan ibu-ibu. Sehingga dari modal awal yang hanya Rp.1.000.000,- tersebut sekarang modal sudah berkembang mencapai kurang lebih Rp. 20.000.000,- dan bahkan menyerap tenaga kerja lokal yang tidak produktif menjadi produktif sebanyak 12 orang dari kaum ibu-ibu.
Karena dengan kegigihannya dan ketekunannya Ibu warna tersebut telah membantu suami untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari dan bahkan usaha mereka dapat meringankan beban hidup keluarga.
Dalam perjalanannya sampai saat ini usaha Ibu tersebut berkembang dengan pesat, karena pengelolaannya yang baik. Walaupun usaha mereka hanya berskala kecil tapi menurut putranya bernama Nanang, yang juga sekaligus Sekretaris TPK desa Blimbing sangat membantu dan meringankan kebutuhan sehari-hari.
Kata mereka ”kalau di rupiahkan setiap bulan dapat menyisihkan uang sebesar Rp. Rp. 750.000,- walaupun tidak mendapat untung besar tetapi dapat membantu memenuhi kebutuhan sehari-hari dan meringankan beban hidup keluarga ” (kata Nanang, putranya).
Dari kebutuhan modal yang diterimanya, pengurus UPK sangat percaya mereka akan menambah omset setiap bulannya dan dapat menambah penyerapan pinjaman SPP, terutana  bagi kelompok SPP tersebut. Dan bahkan usaha anggota kelompok tersebut telah mendapatkan apresiasi dari ” Kironggo Award tingkat pemerintah kabupaten Bondowoso pada tahun 2011”.
Pada akhir tahun 2012 kelompok tersebut juga mewakil kelompok se kecamatan Klabang dalam rangka Gebyar Jambore Kampoeng PNPM yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 26 Desember 2013 bertempat di Alon-alon Kecamatan Tamanan. Ditulis oleh Oleh Sukatni, S,Pd
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger