Home » , » Penyerahan Bantuan Langsung RTM Kecamatan Kunir Dikemas Secara Sederhana Namun Sangat Berkesan

Penyerahan Bantuan Langsung RTM Kecamatan Kunir Dikemas Secara Sederhana Namun Sangat Berkesan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 22 Oktober 2013 | 14.35

Calon Penerima Bantuan Langsung RTSM
Lumajang - Kesan sederhana yang tersaji dalam acara penyaluran bantuan langsung RTM dari Surplus UPK PNPM-MPd Tahun 2012 begitu  melekat bagi RTM di 11 Desa di Kecamatan Kunir. Tidak berlebihan memang, karena pada saat itu  bertepatan menjelang awal Puasa di tahun 2013. Bukan itu saja, pelaksanaan yang hanya memanfaatkan halaman  UPK dengan terop, kursi dan sound system yang disewa dari salah satu rukun kematian (rukem) di Desa Kuni Lor tersebut sukses menghadirkan semua calon penerima bantuan langsung RTM. Hari Senin 8 Juli 2013,  bertempat di halaman UPK kecamatan Kunir, diselenggarakan penyerahan Bantuan Langsung Rumah Tangga Miskin (RTM) berupa sembako, yang terdiri dari 10 Kilogram Beras, 2 Kilogram Gula Pasir, 1 Liter Minyak Goreng dan 10 bungkus Mie Instan. Prosentase sebesar 15% dengan  alokasi dana senilai Rp. 28.074.000 merupakan besaran minimum dari penggunaan surplus tahunan UPK yang diberikan kepada RTM. Sejumlah 204 paket bakal diterimakan ke 182 orang RTM dan 22 anak yatim yang dikoordinir oleh Pendamping Lokal (PL) Ali Murtadho sebagai ketua Pelaksana. Dalam laporannya di awal acara, disampaikan bahwa proses pelaksanaan penyerahan bantuan langsung RTM dari Surplus UPK kali ini melalui proses yang panjang mulai dari rapat internal kelembagaan, identifikasi RTM di masing-masing Desa dan persiapan yang detail dari panitia. “ Semua ini dilakukan agar pada saat pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar, dan tentu semua ini dilakukan untuk RTM di Kecamatan Kunir untuk sedikit menambah kebutuhan sehari-hari serta kepedulian Kelompok SPP dan KPMD dalam proses pengumpulan data “ imbuhnya yang disambut tepuk tangan.
Sementara itu Abdul Basar, SH selaku Camat Kunir dalam sambutannya menyampaikan bahwa Bantuan Langsung RTM ini dulunya lebih populer di masyarakat disebut Dana Sosial, Bantuan ini merupakan salah satu rangkaian dari Program Pemerintah yang dikomandoi oleh PNPM-MPd dan dikelola oleh UPK. “ Hasil surplus UPK dari pengelolaan program yang didalamnya terdapat  SPP inilah yang diwujudkan dalam pemberian Sembako, kalau dulu ditahun 2012 ada kambing bergulir, khitan masal dan santunan anak yatim, sekarang yang diberikan adalah sembako yang bisa dimanfaatkan oleh penerima bantuan untuk menyambut puasa besok “ tambahnya.
Pak Camat Menyerahkan Bantuan
PJOKab Menyerahkan Bantuan
Berkesempatan hadir dalam acara penyerahan bantuan langsung RTM tersebut yaitu PJO Kabupaten Lumajang Syamsul Arifin, SP, MM. Diawal sambutan dan pengarahannya disinggung terlebih dahulu tentang pentingnya sosialisasi PNPM-MPd, terutama Simpan Pinjam kelompok Perempuan (SPP), informasi tersebut dapat dengan mudah  disampaikan kepada tetangga atau kelompok-kelompok  perempuan di desa, diharapkan dengan gethuk tular  itulah PNPM-MPd lebih dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya itu saja informasi tentang Program juga dapat memberi efek positif terhadap pengelolaan dana bergulir UPK, manakala kelompok tersebut bersedia mengajukan pinjaman kepada UPK. Ditambahkan pula bahwa kegiatan penyerahan bantuan langsung  RTM yang dilaksanakan setiap tahunnya ini  selama kurun waktu 3 tahun merupakan wujud kesungguhan, kepedulian pelaku ditingkat kecamatan maupun desa yang didukung dengan partisipasi aktif masyarakat serta aparat pemerintahan  untuk mensukseskan tujuan program. Seperti biasanya disetiap sambutan dan pengarahan Samsul selalu dibubuhi bahasa  Madura yang menjadi salah satu komunikasi yang mayoritas dipahami oleh penduduk di Kecamatan Kunir “ Dari surplus UPK nikah guduh eserah agi dek panjenengan, Kule ben pak Camat tak bisa neremah, hukumnya haram (dari surplus ini harus diserahkan ke anda semua (RTM) saya maupun bapak Camat tidak bisa menerima, hukumnya haram)” tegasnya di akhir sambutan Syamsul.   
Setelah penyerahan secara simbolis oleh Camat dan PJOKab kepada RTM dan Anak Yatim, acara ditutup dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh H. Supar, S.Pi kemudian dilanjutkan dengan penyerahan bantuan langsung RTM secara keseluruhan yang difasilitasi oleh panitia. //Dewangga Anggri K., SE – Fasilitator Kecamatan Kunir    
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger