Home » » Penambahan Pendapatan Ibu-Ibu Desa Balongmacekan Kecamatan Tarik Dari Hasil Pelatihan Pembuatan Keripik

Penambahan Pendapatan Ibu-Ibu Desa Balongmacekan Kecamatan Tarik Dari Hasil Pelatihan Pembuatan Keripik

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Rabu, 23 Oktober 2013 | 09.57


Sidoarjo - Kegiatan peningkatan kapasitas atau pelatihan untuk kelompok usaha perempuan baru pertama kali ini diusulkan dan dilaksanakan di desa Balongmacekan Kecamatan Tarik kabupaten Sidoarjo. Antusias masyarakat khususnya perempuan sangat tinggi, kelihatan sekali dari semangat dan niat yang tinggi. Di sinilah ditemukan embrio – embrio para perempuan untuk membentuk kelompok usaha yang mandiri. Pelaku desa dan masyarakat desa mendukung penuh kegiatan pelatihan pembuatan keripik. Setelah sosialisasi  dari PNPM Mandiri Perdesaan mengenai kegiatan peningkatan kapasitas ini terpilihlah dua kelompok usaha perempuan yaitu kelompok “ Mekar Jaya “ dan kelompok “ Maju Jaya “, dimana 1 kelompok terdiri dari 10 anggota.
Pada waktu mengikuti pelatihan pembuatan keripik terlihat sekali semangat dan sorak gembira dari kedua kelompok ini.  Dilaksanakan di Balai Desa Balongmacekan pada tanggal 21 Agustus 2013 hari Rabu, pihak desa menyediakan tempat yang cukup nyaman dan bersih untuk pelatihan itu sebagai bentuk dukungan penuh dari kepala desa beserta perangkat desa. Anggota pelatihan ini rata – rata dari RTM perempuan dan pengangguran khususnya perempuan. Jenis keripik yang dilatihkan adalah keripik pisang aneka rasa, keripik singkong aneka rasa, keripik sukun aneka rasa dan keripik tahu. Pihak Pemerintah Kecamatan pun ikut mendukung dan berpartisipasi dengan disediakan outlet aneka camilan serta kue kering dan kue basah, tujuannya agar kelompok usaha perempuan yang sudah dilatih dapat langsung berproduksi dan dipasarkan sehingga dapat menjadi pendapatan keluarga dan membantu mencukupi kebutuhan ekonomi.
Pasca pelatihan kelompok mengadakan pertemuan untuk pembahasan modal dan sistim kerja produksi serta pemasaran.  Pihak pendamping dan para pengurus kelembagaan PNPM MPd Kecamatan Tarik menganjurkan kepada kelompok untuk mengajukan pinjaman ke SPP ke UPK Kec. Tarik sebagai salah satu sumber modal kerja.  Kelompok memulai produksi dan memasarkan di lingkup desa Balongmacekan, dan sekarang sudah dapat secara rutin mengirim keripik ke outlet kecamatan. Kelompok pun sudah banyak menerima pesanan dari Desa Balongmacekan utuk kegiatan PKK se kecamatan Tarik dengan jumlah 120 bungkus.  Sebagai bentuk apresiasi dan dukungan, pengelola PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Tarik pun memesan kripik untuk konsumsi pelatihan Tim Monitoring dan BPD sebanyak 90 bungkus.  Warga dan tetangga yang punya hajat telah memesan 200 bungkus.  Pendapatan kelompok pun bertambah banyak. 
Laba dari penjualan tidak langsung dibagi untuk anggota tetapi untuk membayar angsuran SPP dan untuk penambahan modal, jika dirasa asset sudah cukup baru pembagian laba untuk anggota. Pelatihan pembuatan keripik untuk kelompok usaha perempuan yang difasilitasi oleh PNPM Mandiri Perdesaan bias dikatakan berhasil.
Keberhasilan kelompok Usaha Perempuan di desa Balongmacekan ini dapat di contoh oleh desa lainnya yang ada di kecamatan Tarik, sehingga banyak terbentuklah kelompok usaha perempuan yang mandiri dan sukses, initinya adalah niat, semangat, kebersamaan yang tinggi, semoga kelompok “ Maju Jaya dan Mekar Jaya “ bertambah sukses dan berkembang. Ditulis oleh : Ratna Dewi Pangestu (Pendamping PNPM MPd Kec. Tarik)
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger