Home » , » TNI – BKAD Kecamatan Cerme Wujudkan Budaya Bangsa Dalam Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan

TNI – BKAD Kecamatan Cerme Wujudkan Budaya Bangsa Dalam Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Rabu, 14 Agustus 2013 | 10.55

TNI Bersama masyarakat gotong royong
Gresik - Kerja bakti atau yang lebih populer dikenal masyarakat dengan sebutan gotong royong merupakan salah satu ciri khas budaya masyarakat bangsa indonesia sejak jaman nenek moyang dahulu kala. Kegiatan ini dilakukan melalui pelaksanaan pekerjaan bersama – sama dengan cara memberikan bantuan baik berupa tenaga kerja, uang tunai maupun bahan/alat dan material lainnya  secara sukarela untuk menyelesaikan target pekerjaan yang telah direncanakan. PNPM sebagai Program peningkatan kesejahteraan masyarakat memberikan istilah kegiatan ini dengan nama Kegiatan Swadaya Masyarakat.
Sabtu, 11 Mei 2013 Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD)  PNPM Mandiri Perdesaan Kecamatan Cerme melalui pelaku PNPM – MPd Desa Betiting bersama masyarakat sekitar bekerjasama dengan anggota TNI Koramil 0817/08 Cerme melakukan kegiatan swadaya Tenaga Kerja berupa pembersihan dan Pembangunan lokasi yang akan dilakukan pekerjaan kegiatan pembangunan Saluran Parit/Sanitasi RT 01 RW 01 dengan volume 135 m. Kegiatan ini di ikuti oleh sekitar 15 Anggota TNI dan Pengurus PNPM MPd Desa Betiting beserta warga sekitar baik laki – laki maupun perempuan dengan jumlah keseluruhan yang mengikuti sebanyak kurang lebih 30 orang.
Swadaya Tenaga TNI bersama Masyarakat
Kegiatan ini mulai dilakukan sejak pukul 07.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB dengan rincian kegiatan diantaranya : Pembersihan lokasi kegiatan yang akan di bangun saluran parit/sanitasi, Penggalian lokasi yang akan dibangun, pemasangan pasangan batu kewal. Seluruhnya dilakukan sesuai dengan aturan teknis PNPM MPd yang di awasi oleh KPMD dan TPK Desa Betiting dengan harapan agar mampu menyelesaikan kegiatan sesuai dengan target program dan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat mulai dini mulai perencanaan, pelaksanaan dan pelestarian.
Kapt.Inf Hendrikus M Tobin, SP selaku Danramil 0817/08 Cerme menyampaikan bahwa kegiatan Karya Bhakti seperti ini merupakan salah satu bentuk nyata pengabdian anggota TNI sesuai dengan visi dan misi binter ( Pembinaan Teritorial ) yang bertujuan membantu kesulitan rakyat dan meningkatkan kesejateraannya. Sehingga mampu langsung menyentuh kebutuhan masyarakat dan tercipta kebersamaan yang harmonis antara TNI dengan rakyat dalam setiap kegiatan. Hal ini sejalan dengan tujuan Program PNPM yaitu peningkatan kesejateraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin perdesaan secara mandiri melalui peningkatan partisipasi masyarakat (terutama masyarakat miskin, kelompok perempuan dan komunitas kelompok yang terpinggirkan).  Ditulis oleh : Nastain – FK Kec. Cerme & Imam Rosadi – FT Kec. Cerme.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger