Home » » Setitik Harapan Untuk Anak Bangsa Melalui PNPM Mandiri Perdesaan

Setitik Harapan Untuk Anak Bangsa Melalui PNPM Mandiri Perdesaan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Minggu, 14 Juli 2013 | 12.18

Tulungagung - Tahun 2007 merupakan  awal bagi kami warga desa dukuh khususnya untuk mengenal PNPM MPd yang dulu bernama PNPM – PPK ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat melalui Program Pengembangan Kecamatan ). Semula kami memang benar-benar awam dengan yang namanya PNPM MPd bahkan pada saat terpiih menjadi KPMD kami masih bingung…........ terutama jika mengingat apa saja tugas kami.  Tidak jarang kami nervous jika berhadapan dengan masyarakat. Tidak terasa sudah enam tahun kami bergabung dengan PNPM MPd sehingga berbagai suka duka kejadian dalam melaksanakan kegiatan telah kami alami.  Awalnya masyarakat memang masih mengalami kebingungan, apalagi di PNPM MPd banyak istilah – istilah yang sulit dihapalkan, namun melalui musyawarah desa sosialisasi, musyawarah dusun ataupun pertemuan lain, masyarakat menjadi terbuka dan paham dengan PNPM MPd apalagi setelah banyak kaum perempuan yang memanfaat dana SPP.
Tahun 2007 setelah melalui proses musyawarah mulai dari musyawarah Dusun, MKP dan MD Perencanaan yang dilaksanakan di Balai Desa Dukuh akhirnya disepakati untuk mengusulkan Rehab Gedung TK Dharma Wanita yang berlokasi di Dusun Krajan. Setelah melalui MAD Penetapan Usulan, Alhamdulillah usulan rehab gedung TK tersebut bisa terdanai dengan total dana PNPM sebesar Rp. 68.485.400.-
Yach……Jika mengingat sebeum gedung TK ini direhab, kondisinya sangat sederhana sekali, jika hujan atapnya bocor, ketinggian dinding kurang memenuhi standart, halaman becek dan APE terbatas sehingga kurang menarik perhatian banyak orang terutama orang tua yang mempunyai anak balita.
Dengan terdanainya usulan tersebut telah membuka hati masyarakat bahwa PNPM MPd  telah memihak kepada masyarakat, usulan dari masyarakat bisa terdanai. Selama pelaksanaan kegiatan bisa berjalan lancer hasil pekerjaan juga cukup memuaskan. Dengan telah dibangunnya gedung TK tersebut membuat siswa semakin nyaman dan orang tua menjadi tertarik untuk menyekolahkan anaknya di TK kami yang kondisinya semakin bagus. Alhamdulillan mulai tahun 2007 sampai sekarang jumlah murid TK selalu mengalami perkembangan dengan tenaga guru yang berpengalaman mengajar lebih dari 15 tahun.
Kegiatan ekstra yang telah dilaksanakan di TK Dharma Wanita kami adalah menari dan senam yang dilaksanakan setiap hari sabtu. Beberapa prestasi yang telah diraih oleh siswa-siswi TK adalah  juara 1 lomba mewarna se Kecamatan Gondang tahun 2012, Juara 1 lomba haling rintang tahun 2013, juara 1 dan 2 lomba mewarna tahun 2013 dan sebagainya.
Dengan bimbingan dan bantuan dari pemerintahan desa Dukuh serta dukungan warga masyarakat kami mengelola TK yang merupakan  satu-satunya TK yang ada di desa kami. Selama ini iuran dari wali murid / SPP sebesar Rp.25.000 perorang setiap bulan. Dana itulah yang digunakan untuk mencukupi biaya operasional TK termasuk untuk honor 3 orang guru, ATK kelas, KKG ( Kelompok Kerja Guru ), workshop dan sebagainya. Bagi kami yang penting kegiatan belajar dan mengajar bisa berjalan lancar kami sebagai guru merasa senang. Pengabdian untuk mereka lebih kita utamakan. Mereka adalah generasi penerus bangsa, harapan yang akan kita bebankan ke pundak mereka sehingga bimbingan dan pendidikan untuk mereka sangat diutamakan.
Tidak terasa pula enam tahun sudah kami telah dipercaya oleh masyarakat sebagai KPMD Desa Dukuh yang merangkap sebagai guru TK. Suka duka telah kami rasakan selama menadampingi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan PNPM. Sebagai kader desa yang jika diartikan “Peka tur Keder” kami tidak jarang mendapat bahan omongan yang tidak mengenakkan terutama mereka yang tidak puas dengan pendampingan kami dan kami pun menyadari akan kekurangan kami, hal tersebut tidak membuat kami patah semangat bahkan melecut hati kami untuk menjadi lebih baik lagi dalam mendampingi masyarakat mengelola  kegiatan PNPM. Dengan semangat itulah sehingga sampai sekarang kami bisa bertahan.
Harapan ke depan…kami masih diberi kesempatan untuk bisa mengabdi kepada masyarakat baik melalui kegiatan PNPM maupun membimbing tangan-tangan mungil yang ada di Desa Dukuh ini. Peningkatan kesejahteraan terutama untuk masyarakat miskin itulah cita-cita kami, melalui PNPM Mandiri perdesaan semoga harapan itu bisa terkabul dan kamipun siap untuk selalu mendukung dan berpartisipasi dalam setiap tahapan kegiatan.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger