Home » » BUPATI MADIUN MERESMIKAN 14 PROYEK PHISIK MASYARAKAT TOTAL SENILAI Rp 1.433.418.650,- DI 14 KECAMATAN DUKUNGAN PNPM MANDIRI PERDESAAN T.A 2012 SERTA SWADAYA MASYARAKAT

BUPATI MADIUN MERESMIKAN 14 PROYEK PHISIK MASYARAKAT TOTAL SENILAI Rp 1.433.418.650,- DI 14 KECAMATAN DUKUNGAN PNPM MANDIRI PERDESAAN T.A 2012 SERTA SWADAYA MASYARAKAT

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 05 Maret 2013 | 11.54

Secara simbolik Bupati bubuhkan tanda tangan di prasasti
Madiun - PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Madiun pada tahun 2012 sukses memfasilitasi pembangunan sejumlah sarana prasarana fisik di 14 kecamatan. Sebagai contoh adalah dibangunnya gedung TK di wilayah Desa Tulung Kecamatan Saradan yang total biayanya sebesar Rp. 148.362.100,- yang bersumber dari dana BLM PNPM-MPd 2012 sebesar Rp. 143.362.100,- dan dana swadaya dari masyarakat sebesar Rp. 5.000.000,-. "Dana pembangunan berasal dari BLM PNPM-MPd dan swadaya masyarakat," ujar Yanto, Ketua BKAD Kecamatan Saradan Kabupaten Madiun saat acara Peresmian Sarana Fisik PNPM-MPd 2012 di Desa Tulung Kecamatan Saradan yang dihadiri dan diresmikan langsung oleh Bapak Bupati Madiun H. Muhtarom, S.Sos.

Perbaikan akses jalan desa
Gedung TK yang diresmikan Bupati
Bupati meninjau stand produk warga PNPM MPd

Menurut Yanto, peran masyarakat cukup besar dalam proses pembangunan gedung TK tersebut. Masyarakat sekitar diprakarsai Kepala Desa membantu menyulap lahan kosong yang semula sering tergenang air saat hujan menjadi gedung yang bermanfaat. "Kami berharap gedung ini dirawat dengan baik. Karena ini aset penting untuk masa depan generasi muda," katanya. Selain acara peresmian kegiatan sarana prasarana, juga ditampilkan produk-produk unggulan hasil kelompok SPP dan UEP binaan PNPM Mandiri Perdesaan masing-masing kecamatan.  Diharapkan kelompok-kelompok tersebut dapat lebih mengembangkan usahanya sehingga dapat menembus pasar lokal maupun manca negara.
Selain di Kecamatan Saradan, pembangunan gedung TK juga dilaksanakan di wilayah Desa Tawangrejo Kecamatan Gemarang yang total biayanya sebesar Rp. 108.111.200,- yang bersumber dari Dana BLM dan swadaya masyarakat. "Diharapkan ini bisa memancing tingkat swadaya masyarakat agar lebih mandiri dalam membangun sarana prasarana di wilayahnya",kata pak Bupati Madiun dalam sambutannya.

Selain gedung sekolah, PNPM-MPd Kabupaten Madiun juga memfasilitasi pembangunan Jalan Rabat Beton di Desa Dagangan Kecamatan Dagangan dari dana BLM sebesar Rp.79.345.300,- dan dari dana swadaya sebesar Rp.3.030.000,-. Jalan rabat tersebut berfungsi untuk memperlancar roda perekonomian masyarakat di desa tersebut.
Awalnya kondisi jalan kurang baik kemudian diganti dengan model Rabat Beton lewat Musyawarah Antar Desa (MAD),jembatan tersebut diprioritaskan karena sangat vital untuk menunjang perekonomian dan kelancaran transportasi khususnya anak-anak sekolah.

Berikut ini daftar Sarana Prasarana PNPM-MPd T.A 2012 (sampling per-kecamatan 1 (satu) kegiatan Sarpras) yang diresmikan secara resmi oleh Bupati Madiun :

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger