Home » » PELATIHAN KADER KESEHATAN DALAM RANGKA REVITALISASI POSYANDU BERSAMA PNPM GENERASI KECAMATAN PAGAK – MALANG UNTUK MEWUJUDKAN PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGs) TAHUN 2015

PELATIHAN KADER KESEHATAN DALAM RANGKA REVITALISASI POSYANDU BERSAMA PNPM GENERASI KECAMATAN PAGAK – MALANG UNTUK MEWUJUDKAN PENCAPAIAN MILLENIUM DEVELOPMENT GOALS (MDGs) TAHUN 2015

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 26 Februari 2013 | 13.50

Paparan pentingnya peran strategis Kader POSYANDU dalam kesehatan Ibu & Anak
Kabupaten Malang - Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) MPd Generasi Sehat dan Cerdas sebagai salah satu program yang memfasilitasi kegiatan untuk menggerakkan dan menyadarkan masyarakat akan pentingnya Kesehatan Ibu dan Anak. Oleh karena itu pada hari Kamis tanggal 20 Desember 2012 bertempat di Ruang Pertemuan Balai Desa Pagak Kecamatan Pagak Kabupaten Malang, para ibu yang menjadi ketua posyandu di masing-masing desa berbondong-bondang datang ke Balai Desa Pagak untuk mengikuti Pelatihan Kader Posyandu yang didampingi oleh Bidan Desa masing-masing. Dari total 8 desa yang ada di Kecamatan Pagak terdapat 63 Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) yang tersebar di semua desa. Adapun posyandu sendiri merupakan salah satu bentuk upaya pelayanan kesehatan yang dilaksanakan oleh, dari dan bersama masyarakat, untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat guna memperoleh pelayanan kesehatan bagi ibu bayi dan anak balita.  Tujuan dari pelatihan Kader Posyandu dan Bidan Desa yang difasilitasi oleh PNPM Generasi Sehat dan Cerdas dengan dana yang berasal dari Dana Operasional Kegiatan (DOK) Pelatihan Masyarakat Tahun Anggaran 2012 adalah secara umum bertujuan untuk meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu agar dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan dan agar status gizi maupun derajat kesehatan ibu dan anak dapat dipertahankan serta ditingkatkan. Sedangkan tujuan khususnya antara lain : meningkatkan kualitas kemampuan dan ketrampilan kader Posyandu, meningkatkan pengelolaan dalam pelayanan Posyandu, meningkatkan kemitraan dan pemberdayaan masyarakat untuk kesinambungan kegiatan Posyandu serta meningkatkan fungsi pendampingan dan kualitas pembinaan Posyandu.
Kegiatan pelatihan kader posyandu ini didukung sepenuhnya oleh 2 Puskesmas yang ada di Kecamatan Pagak yakni Puskesmas Pagak dan Puskesmas Sumbermanjingkulon dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing yakni terdiri dari dr. Rokhmad Sun’an (Kepala Puskesmas Pagak) dan dr. Wiwit Wijayati (Kepala Puskesmas Sumbermanjingkulon), Ibu Nur Vita H., A.Md.Keb serta Ibu Nurul, A.Md.Keb ( selaku Koordinator Bidan Puskesmas Pagak dan Sumbermanjingkulon). Pada pelatihan ini dibahas berbagai materi tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan, Perencanaan Persalinan dan Penanganan Pencegahan Komplikasi (P4K), Alur Kegiatan Posyandu dan Pengisian Kartu Menuju Sehat (KMS), Revitalisasi dan Pengembangan Posyandu Mandiri, Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), Strategi Penanganan Balita Bawah Garis Merah (BGM) dan Monitoring Bulanan di Posyandu. Pengalaman empirik di beberapa tempat menunjukkan bahwa strategi pelayanan kesehatan dasar masyarakat dengan fokus pada ibu dan anak dapat dilakukan melalui kegiatan Posyandu.

Para kader POSYANDU siap mensukseskan MDGs 2015
Posyandu sebagai wadah peran serta masyarakat untuk menyampaikan dan memperoleh pelayanan kesehatan dasarnya, maka diharapkan pula strategi operasional pemeliharaan dan perawatan kesejahteraan ibu dan anak secara dini dapat dilakukan di setiap posyandu. Pengalaman selama ini membuktikan bahwa bila penyelenggaraan Posyandu baik, maka upaya untuk pemenuhan kebutuhan dasar pengembangan anak akan baik pula, seperti tercapainya cakupan imunisasi yang cukup tinggi dan adanya peningkatan umur harapan hidup. Sebaliknya bila kinerja Posyandu tidak baik, seperti dalam memantau pertumbuhan anak, maka perkembangan status gizi anak dapat terganggu.  Peran Posyandu sebagai salah satu sistem penyelenggaraan pelayanan kebutuhan kesehatan dasar dalam rangka peningkatan kualitas sumberdaya manusia memang sudah diakui keberadaannya. Mengingat begitu pentingnya peran Posyandu sebagai wahana pelayanan dari berbagai program, maka penyelenggaraan kegiatan Revitalisasi Posyandu perlu menyertakan aspek pemberdayaan masyarakat secara konsisten.

Berdasarkan cakupan kegiatan selama ini PNPM Generasi Kecamatan Pagak sejak tahun 2007 sampai dengan 2012 berusaha mengoptimalkan kegiatan posyandu dengan cara memenuhi kebutuhan sarana dan prasarananya, sehingga Posyandu dapat berlangsung secara optimal baik saat hari buka maupun saat kunjungan rumah tanpa mengalami hambatan.  Sarana dasar seperti timbangan bayi, timbangan injak dan meubelair Posyandu untuk menunjang kegiatan pelayanan minimal dan paket Tambahan juga dibantu dari PNPM sesuai jumlah kelompok sasaran yang ditetapkan sehingga syarat dasar untuk berfungsinya Posyandu dapat terpenuhi dengan baik.
Berdasarkan penjelasan dari Kepala Puskesmas Sumbermanjingkulon (Ibu dr. Wiwit Wijayati) dukungan PNPM Generasi untuk Revitalisasi Posyandu tetap mengedepankan peran serta masyarakat dan kemitraan dengan berbagai potensi yang ada di masyarakat. Hal ini disebabkan karena posyandu sebagai unit pelayanan yang berbasis masyarakat perlu mendapatkan dukungan luas dari berbagai elemen masyarakat melalui peran sertanya agar kegiatan posyandu dapat berkelanjutan dan jangkauannya meluas sesuai kebutuhan kelompok sasaran yang dilayaninya.
Dijelaskan pula oleh Fasilitator Generasi Kecamatan Pagak bahwa Revitalisasi Posyandu menjadi salah satu strategi utama pelaksanaan PNPM Generasi Tahun Anggaran 2012 yang dimaksudkan untuk mendorong sepenuhnya pencapaian Indikator Kesehatan untuk sasaran ibu hamil, bayi dan balita sehingga Kecamatan Pagak sebagai bagian dari Kabupaten Malang dapat mewujudkan peningkatan derajat kesehatan ibu dan anak sesuai dengan salah satu target Tujuan Pembangunan Millenium atau Millenium Development Goal (MDGs) yang harus tercapai pada Tahun 2015 nanti.

Setelah semua narasumber selesai menyampaikan materinya, pada akhir sesi kegiatan Pelatihan Kader Posyandu dan Bidan Desa yang ditutup dengan materi Monitoring Kegiatan di Posyandu, Fasilitator Generasi Kecamatan Pagak menyampaikan pesan dan harapan kepada semua peserta pelatihan bahwa menjadi seorang kader posyandu merupakan sebuah panggilan tugas yang mulia yang mendedikasikan waktu dan tenaganya untuk pengembangan dan menjaga kesehatan dasar masyarakat. Oleh karena itu harus didasari keikhlasan dan ketulusan dari lubuk hati yang paling dalam untuk menerima panggilan tugas yang mulia ini, sehingga dalam menjalankan tugas tidak merasa menjadi sebuah beban akan tetapi menjadi sebuah motivasi dan bentuk ibadah tersendiri. Generasi yang sehat dan cerdas merupakan harapan dan masa depan bangsa. Bravo PNPM Generasi – ditulis oleh Mohammad B Rifai FK PNPM GSC Kecamatan Pagak
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger