Home » » JUARA I LOMBA GERAKAN SAYANG IBU (GSI) PROVINSI JAWA TIMUR – DESA PAIT KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG BERKAT SINERGI ANTAR PELAKU PEMBANGUNAN & PNPM GSC

JUARA I LOMBA GERAKAN SAYANG IBU (GSI) PROVINSI JAWA TIMUR – DESA PAIT KECAMATAN KASEMBON KABUPATEN MALANG BERKAT SINERGI ANTAR PELAKU PEMBANGUNAN & PNPM GSC

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 26 Februari 2013 | 13.36

Salah satu kegiatan di POSYANDU

Kabupaten Malang - Judul ini mengingatkan saya kepada salah seorang Kader Posyandu dan kebetulan juga pelaku Program Nasional Pembedayaan Perdesaan Generasi (PNPM MPd-Generasi ), yang kegirangan karena hasil tim penilai lomba Gerakan Sayang Ibu (GSI) desanya terpilih sebagai juara satu tingkat propinsi.  Desa PAIT yang berada ada di balik gunung salah satu desa yang ada Kecamatan Kasembon sebenarnya tidak ada bedanya dengan lima desa lainnya, masyarakat desa yang hidup dari penghasilan pertanian, peternakan juga dan  perkebunanan, salah satu yang menonjol dari desa ini adalah desa pengahasil buah durian, sehingga desa ini juga di pilih sebagai desa tempat budi daya durian JINGGA, salah satu varian durian yang berkolestrol rendah. 
Para pelaku PNPM GSC mengatur strategi

 Apa yang membuat desa ini terpilih sebagai Juara I Tingkat Provinsi Gerakan Sayang Ibu ? Sebagai salah satu desa yang berada di pegunungan, pelayanan di bidang kesehatan di desa ini tentunya mengalami banyak kendala sehingga masyarakat yang di dukung oleh pihak kepala desa, bidan desa, kader posyandu dan pelaku program PNPM-MPd-Generasi, merumuskan beberapa program untuk meningkatkan pelayanan kesehatan di desa ini, yang tentunya rumusan kegiatan tersebut sebagian mendapat dukungan pendanaan dari  Program Nasional Pemeberdayaan Masyarakat Perdesaan (PNPM MPd-Generasi), kegiatan yang mendapat dukungan dari dari PNPM MPd-Generasi, adalah Pengadaan perelengkapan posyandu di antaranya : (Timbangan bayi dan balita , Alat ukur bayi dan balita, Pengadaan dipan pemerikasaan, Mebeler di Posyandu,  Alat permainanan edukatif, Alat tandu untuk ibu yang mau melahirkan, Tiang timbangan, Alat pengeras suara untuk posyandu, Alat permaianan edukatif di posyandu).



Selain perlengkapan di posyanadu, PNPM MPd-Generasi sangat mengutamakan bantuan yang lansung ke pemanfaat seperti bantuan PMT ibu hamil, PMT Pemulihan dan PMT penyuluhan. Beberapa kegiatan yang menarik perhatian tim juri di desa PAIT, sehingga bisa mengantarkan juara satu desa Gerakan Sayang Ibu, yaitu adanya program.
    One RT One Kader , program ini di wajibkan harus ada kader posyandu di setiap RT
    Kader Siaga,  seorang kader posyandu  piket di setiap dusun yang bertugas sebagai penghubungdengan pihak-pihak terkait berkaitan dengan pelayanan kesehatan terutama untuk pelayanan ibu siap melahirkan bayi dan balita.
    Pasukan Tandu yang siap selalu membantu pelayanan bidang kesehatan terutama untuk ibu hamil yang siap melahirkan, pasukan ini di bentuk untuk menjawab beberapa daerah yang sulit dilalui kendaraan, pasukkan ini melakukan tugas memngakut pasien ketepi jalan raya di mana telah di siapkan ambulans desa.
    Ambulans Desa, di enam desa di kecamatan kasembon baru desa PAIT yang memiliki desa ambulans desa yang beli dari swadaya masyarakat hal ini juga untuk menjawab keterlambatan pelayananan kesehatan.
    Dasolin (Dana Sosial Bersalin) adalah dana sosial dari masyarakat yang diperuntukan untuk membantu  ibu hamil.
    Tabulin (Tabungan Ibu Bersalin)  setiap ibu hamil di wajibkan menabung untuk persiapan persalinannya dan untuk perawatan bayi.

Suasana pelatihan bagi Kader POSYANDU
Itulah beberapa program yang mengantarkan DESA PAIT sebagai Desa Juara I Tingkat Provinsi Jawa Timur sebagai Desa Gerakan Sayang Ibu yang dilaksanakan 7 Juli 2012, dari beberapa kegiatan tersebut PNPM Generasi ikut mengantar mendorong masyarakat agar secara aktif dalam mensukseskan bidang kesehatan terutama dalam hal  pembiyaan – ditulis oleh Masdin Nasarudin,S.Sos FK PNPM GSC Kabupaten Malang



Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger