Home » » Saluran Drainase Yang Dinanti

Saluran Drainase Yang Dinanti

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 09 Januari 2014 | 13.13




LAMONGAN - Sebagai daerah perdesaan yang dibelah sebuah sungai yang cukup besar dan diapit perbukitan, Desa Karangcangkring Kecamatan Kedungpring dituntut untuk bekerja lebih keras. Hal ini disebabkan bila musim hujan datang akan terjadi kebanjiran.
”Sangat ironis memang. Bila musim penghujan sering kebanjiran, bila musim kemarau tak ada air,” kata Ikhsan, Ketua TPK Desa Karangcangkring.   

Secara geografis desa Karangcangkring letaknya memang agak rendah sehingga bila hujan deras sering tergenang. Keadaan ini diperparah dengan kurang permanennya saluran air yang ada, baik saluran irigasi lingkungan maupun saluran Drainase.  Bertolak dari sinilah pemerintah desa Karangcangkring Tahun Anggaran 2013 mengajukan usulan Saluran Drainase ke PNPM MPd Kecamacatan Kedungpring. ”Syukur Alhamdulillah usulan yang sudah lama kami nanti bisa didanai,” ujar Ikhsan.
Ikhsan mengatakan usulan saluran Drainase sepanjang 570 m dengan dana Rp 110.649.900 ,- berfungsi sebagai saluran irigasi lingkungan. Sehingga saluran yang berhulu di sungai Kedungpring yang membelah desa kami dan berhilir di lahan pertanian sebelah utara desa nantinya bisa berfungsi mengurangi/menampung luberan sungai Kedungpring di kala hujan deras dan bisa menyuplai air di lahan2 pertanian milik kami di kala musim kemarau.
”Idealnya sih memang begitu, dengan catatan pasokan air dari Waduk Prijetan di kala musim kemarau bisa lancar sehingga debit air sungai Kedungpring terjaga. Jika tidak, seperti musim kemarau saat ini, sungai Kedungpring malah tak ada airnya. Jadilah kita panen ’Telo’. Bukan telo yang ubi jalar itu lho, tapi bongkahan2 tanah retak, yang oleh masyarakan lazim disebut telo,”ungkapnya.  Lepas dari itu semua yang jelas, kata Ikhsan dengan selesai dibangunnya saluran irigasi ini oleh PNPM MPd, di musim penghujan ini kami cukup optimis bila hujan deras desa kami tidak akan tergenang dan Insya Allah sawah2 kami tidak akan kekurangan pasokan air.(FKKDP)   
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger