Home » » Meningkatkan Rentang Kendali PNPM MPd Melalui Penyiapan Langkah Yang Lebih Baik di Berbagai Tahapan Kegiatan

Meningkatkan Rentang Kendali PNPM MPd Melalui Penyiapan Langkah Yang Lebih Baik di Berbagai Tahapan Kegiatan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 28 Januari 2014 | 11.29

Pak Zarkasi ketika memberi arahan dan membuka rakor
Malang – Rapat Koordinasi Provinsi PNPM Mandiri Perdesaan Provinsi Jawa Timur dilaksanakan pada hari Senin – Kamis, (27 – 30) Januari 2014 bertempat di Hotel Ollino Garden Malang. Adapun tema rakorprov adalah Meningkatkan Rentang Kendali PNPM MPd Melalui Penyiapan Langkah Yang Lebih Baik di Berbagai Tahapan Kegiatan. Acara rakorprov secara resmi dibuka oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Provinsi Jawa Timur (Bapak Drs. Zarkasi,  MSi) dan didampingi oleh Penanggung Jawab Operasional Bapemas Kabid SDA & TTG Bapemas (Bapak  Ir. Hadi  Sulistyo, MSi) dan Plt Koordinator Provinsi sekaligus sebgai Deputy Korprov PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur Bapak Agung Tri Harjo Tedjo, ST. Dalam salah satu pengantar sambutan Kepala Badan menyampaian bahwa kunci sukses sama dengan disiplin adalah berbanding lurus dengan profesi seseorang.  Berkait dengan itu maka salah satu tupoksi konsultan pemberdayaan adalah pengendalian & monitoring terhadap semua tahapan kegiatan, dukungan teknis kepada FK/FT dalam setiap tahapan kegiatan, rekomendasi dan penanganan masalah dalam setiap tahapan kegiatan serta mempersiapkan & melaporkan pelatihan sesuai dengan rencana.

Secara details agenda rakor dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas umum, kelas fastekab dan kelas faskeu. Pada hari pertama di kelas umum dibahas penyampaian informasi terbaru tentang perkembangan pengendalian & pelaksanaan program, progres pelaksanaan PNPM MPd TA 2013, progres phisik dan dana - kendala dan masalah di lapangan serta progres pelaksanaan PNPM MPd TA 2014 oleh Plt Korprov.  Perspektif UU Desa terhadap proses perencanaan terintegrasi melalui PNPM MPd dan keberlangsungan Pemberdayaan Masyarakat secara umum oleh Nurrahman Joko Wiryanu, SH.  Praktek Pengembangan & Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) oleh Bapemas kabupaten Blitar.  Evaluasi Perkembangan & Penanganan Masalah di Jawa Timur selama TA 2013 oleh Tim SP2M. Selanjutnya di hari kedua rakor dibagi menjadi 3 kelas, kelas faskab dan PJOKab membahas Persiapan Pelaksanaan Musrenbang Kecamatan Integrasi (MAD -1), Penyusunan Rencana Strategis BKAD dan BP UPK (disko), Penyusunan Rencana Strategis UPK dan Tim Verifikasi Perguliran (disko) dilanjutkan laporan progres pelaksanaan pelatihan masyarakat s/d tahun 2013 serta penyusunan rencana pelatihan masyarakat untuk pelaksanaan TA 2014 oleh Specialis Training. Sedangkan di kelas Fastekab & PJOKab dengan nara sumber Spesialis Infrastruktur membahas Capaian KPI Infrastruktur, Evaluasi Capaian Progres Phisik & Dana Pelaksanaan Pekerjaan Infrastruktur Perdesaan, Kontruksi Jalan dengan Diva SSS, Langkah - langkah Trial Analisis untuk Pekerjaan Jalan Rabat Beton dan Jalan Telford (disko). Sedangkan kelas Faskeu & PJOKab dengan nara sumber tim FMS membahas Informasi Capaian Kinerja Dana Bergulir TA 2013 dan Temuan Hasil Kunjungan Lapangan, Informasi Penyalahgunaan Dana untuk Kegiatan Dana Bergulir dan Modus Operandi dan Proses Penyelesaian (diskusi umum) dengan nara sumber faskeu Magetan, Sumenep & Bojonegoro.  Draft SOP dan Evaluasi Kinerja UPK berdasarkan Hasil Kebutuhan Lapangan oleh Faskeu Lumajang, Diskusi untuk Penerapan Standar Evaluasi Kinerja Kelembagaan oleh Tim FMS.
Di hari terakhir rakor kembali ke kelas umum dengan agenda Evaluasi Pelaporan Bulanan Kabupaten oleh Asisten MIS, Teknik Membuat Berita Langsung (Straight News) & Good Practices oleh Spesialis KIE, Laporan Evaluasi Administrasi Fasilitator oleh Spesialis HRD, Penyampaian Simpulan Hasil Kelas dan Penegasan Hasil Rakor oleh Plt Korprov sekaligus penutupan rakor. [hry]
Share this article :

0 comments:

Posting Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger