Home » » Bersama Kelompok SPP - Hijrah Membawa Hikmah

Bersama Kelompok SPP - Hijrah Membawa Hikmah

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Jumat, 06 Desember 2013 | 14.11

Ibu Ningrum dan suami serta contoh produk usahanya
Malang - Tersebutlah Ibu Ningrum asal dari desa Sukopuro Kecamatan Jabung.  Selama 4 tahun ini sudah melakukan usaha untuk membuat dan memasarkan makanan kecil. Berawal dari kepindahan dari tempat tinggal mereka di Tangerang dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan. Mereka memutuskan untuk menetap di Desa Sukopuro karena sesuatu permasalahan pinjaman dan pada akhirnya, sebagai kompensasi adalah mereka mendapatkan ganti rumah tinggal yang sekarang.
Usaha makanan kecil ini diawali dengan keluarnya sang suami dari salesman sebuah perusahaan distribusi makanan. Setelah dia bisa mempelajari semua ilmu yang ada selama menjadi salesman, maka keluarga ini berani mencoba membuat makanan sendiri, dan memasarkan sendiri. Hanya saja kendala yang dihadapinya adalah modal yang masih sangat minim. 2 tahun lalu ibu Ningrum mulai menjadi pemanfaat SPP PNPM MPd di Kelompok Diba Dusun Sumber pitu Desa Sukopuro Kecamatan Jabung. Karena pengembalian yang lancar, maka ibu Ningrum bisa menambah jumlah pinjaman menjadi sebesar Rp. 3 juta pada tahun berikutnya.
Tempat usaha penggorengan yang masih sangat minim
Dengan kondisi perkembangan usaha yang demikian, maka sebenarnya masih sangat besar modal yang diperlukan untuk mengembangkan usahanya. Karena kalau hanya sekitar 3 juta, maka modal itu hanya bisa dipergunakan untuk menambah stok barang. Sedangkan kondisi tempat usaha / tempat produksinya masih sangat perlu untuk pembenahan. Demikian juga ijin usaha juga masih belum dipunyai, hal ini dikarenakan masih adanya keraguan untuk mengajukan ijin dikarenakan tempat produksi masih belum bisa dikatakan layak.
Sehingga, besar harapan Ibu Ningrum kalau memang bisa memperbesar jumlah pinjaman, maka dia akan meminjam minimal 10 juta untuk perbaikan tempat dan perangkat produksi serta penambahan tenaga kerja. Dia sudah mempersiapkan perluasan wilayah pemasaran serta tatacara pendistribusian barang kepada para langganan. Dengan pinjaman 3 juta, bu Ningrum bisa mendapatkan tambahan stok barang seharga 1 – 2 juta dari stok awal senilai 700 rupiah. Sehingga dalam bayangannya, dengan pinjaman 10 juta maka akan bisa dilakukan pengembangan usaha sebesar 3 kali lipat.
Contoh hasil produk & kemasan sablon

Demikianlah sedikit gambaran usaha yang diakukan Ibu Ningrum seorang anggota kelompok SPP di desa Sukopuro, dimana keputusannya untuk Hijrah dari Kota Tangerang mendapatkan hikmah dan berkah pengembangan usaha setelah aktif menjadi peminjam dana SPP di Kecamatan Jabung. Ditulis oleh Aryati, SP – FK Jabung.

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger