Home » , » “GELIAT EXISTENSI BKAD KECAMATAN KREMBUNG SIDOARJO”

“GELIAT EXISTENSI BKAD KECAMATAN KREMBUNG SIDOARJO”

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Rabu, 14 Agustus 2013 | 13.34


Musyawarah pendanaan perguliran dan rakor kelembagaan kecamatan
Sidoarjo - BKAD PNPM-MPd Kecamatan Krembung berdiri mulai tanggal 05 Agustus 2008, di tetapkan bersamaan dengan MAD Prioritas usulan TA. 2008. Pada saat itu peserta MAD memilih dan menetapkan Bapak Saat Basuni Suheri dari Desa Cangkring sebagai Ketua, Ibu Anisah Dwi Susanti dari Desa Kedungsumur sebagai Sekretaris, serta Bapak Faisol Sujiono dari Desa Tambak Rejo sebagai Bendahara BKAD Kecamatan Krembung. Setiap tahun ketiga pengurus selalu terpilih dan di tetapkan sebagai pengurus BKAD untuk periode berikutnya, akan tetapi pada tahun 2013 karena alasan kesehatan Bapak Saat  Basuni  Suheri selaku Ketua BKAD mengundurkan diri, dan bersamaan dengan MAD Pertanggung Jawaban TA. 2012 akhirnya secara aklamasi peserta musyawarah sepakat memilih dan menetapkan Ibu Anisah Dwi Susanti dari Desa kedungsumur sebagai Ketua, Bapak Faisol Sujiono dari Desa Tambak Rejo sebagai  Sekretaris, dan Bapak Ediyanto dari Desa Gading sebagai Bendahara  BKAD Kecamatan Krembung  untuk Periode Tahun 2013.

Kecamatan Krembung mendapat Dana BLM PNPM- Mandiri Perdesaan hanya dua tahun, yakni TA. 2007 dan TA. 2008 saja, sedangkan pada tahun 2009 di tetapkan sebagai lokasi kecamatan penerima dana BLM PNPM- Mandiri Perkotaan, sehingga mulai tahun itu Kecamatan Krembung Pase Out dari Program PNPM- Mandiri perdesaan. Namun dengan segala keterbatasan karena minimnya pendampingan BKAD Kecamatan Krembung berusaha untuk senantiasa exis dalam upaya mendorong pola pembangunan partisipatif di Kecamatan Krembung. Salah satunya untuk meningkatkan SDM Masyarakat Krembung BKAD bekerja sama dengan Universitas NAROTAMA Surabaya mengadakan Pelatihan bagi Pengurus Kelompok SPP  se Kecamatan Krembung. Pelatihan yang di laksanakan pada tanggal 07 Nopember 2009 bertempat di Pendopo Kecamatan Krembung itu di isi dengan Materi tentang Administrasi sederhana, serta untuk meningkatkan usaha kelompok juga di latih mengenai peningkatan penjualan melalui tehknik mengemas Produk. Dan sebagai materi tambahan peserta di ajarkan tehknik mencabut duri Ikan Bandeng.
Monitoring BKAD dan BPUPK dalam proses verifikasi.
Dalam upaya mendukung pelaksanaan Programkhususnya pengelolaan Dana Bergulir BKAD bersama dengan BPUPK ikut terjun lansung dalam melakukan monitoring pelaksanaan Verifikasi, serta melakukan monitoring lansung ketika psoses pencairan Kelompok SPP.
Dan untuk mengefektifkan pengelolaan Dana bergulir BKAD bersama dengan UPK mengagendakan Musyawarah penetapan pendanaan perguliran setiap dua bulan sekali.
dalam kesempatan itu pula juga diagendakan Rapat koordinasi kelembagaan untuk mengevaluasi serta membahas solusi atas segala permasalahan yang ada dalam rangka mendukung kemajuan dan perkembangan UPK Kecamatan Krembung.

Suasana Audit BP-UPK di kantor UPK
Di perlukan komitmen dan konsintensi untuk mendorong  pelestarian hasil kegiatan PNPM- Mandiri Perdesaan khususnya dana bergulir. Dari modal awal yang hanya sebesar Rp 612.300.000,- dari BLM TA.2007 dan 2008 BKAD melalui UPK selaku pengelola berusaha untuk mengembangkan asset yang sudah ada sehingga hasilnya bisa di rasakan masyarakat krembung secara luas, dan dari hasil kerja keras dari semua komponen yang ada, sehingga sampai dengan bulan Juni 2013 asset yang di kelola oleh UPK Kecamatan Krembung mencapai Rp 1.678.777.486,-. Namun agar asset ini terus berkembang  tentu UPK selaku pengelola harus di pastikan dalam mengelola asset dana bergulir ini secara Transparan dan Akuntable. Dan untuk memastikan itu semua BKAD melalui BPUK rutin setiap sebulan melakukan Audit terhadap UPK. Namun Komitmen dan konsintansi BKAD saja tidak cukup tanpa ada kerjasama yang baik dari semua stake Holder di kecamatan Krembung.
Karena tentu dengan di motori oleh BKAD dan kerjasama yang baik dari semua pihak di harapkan hasil- hasil dari PNPM- Mandiri Perdesaan bisa di rasakan secara luas oleh masyarakat, yang akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Krembung.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger