Home » » Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Baik Bagi Masyarakat Pasca Berdirinya Poskesdes

Menuju Pelayanan Kesehatan Yang Lebih Baik Bagi Masyarakat Pasca Berdirinya Poskesdes

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Senin, 17 Juni 2013 | 15.29

Nganjuk - Desa Katerban, sebagai salah satu desa yang wilayahnya terluas di Kecamaan Baron (terdiri dari 6 dusun, 11 RW, 48 RT, dan 2.318 KK), kini bisa berbangga dengan dibangunnya gedung Poskesdes dari kegiatan PNPM MPd TA 2012. Kegiatan yang diusulkan oleh kaum perempuan melalui Musyawarah Khusus Perempuan tanggal 21 Nop 2011 itu, akhirnya menyerap dana sebesar Rp. 186.262.000,- dengan perincian : alokasi kegiatan fisik Rp 162.474.600,- BOP 3% TPK Rp 5.130.800,- BOP 2% UPK Rp 3.420.600,- dan dana swadaya masyarakat sebesar Rp 15.236.000,- Tri Astuti Marheni, selaku ketua Tim Pengelola Kegiatan (TPK) Desa Katerban,  mengusulkan kepada Kepala Desa (Siti Kopsah) agar saat Musyawarah Desa Serah Terima/MDST mengundang Camat dan Dokter Puskesmas untuk meresmikan penggunaan gedung poskesdes tersebut. “Kegiatan ini akan memberikan rasa kebanggaan bagi masyarakat Desa Katerban karena telah memiliki tempat pelayanan Kesehatan yang lebih representatif” demikian dikatakan oleh ketua TPK.

Sebelumnya pelayanan kesehatan ibu-ibu dan anak balita dilakukan dengan meminjam salah satu ruangan balai desa. Tentu semakin besar kesadaran ibu-ibu akan kesehatan, dan semakin banyaknya masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan membutuhkan tempat yang lebih layak dan representatif. Untuk itu para kader posyandu dengan didukung bidan desa (Bu Yenik) serta bu lurah (Bu Siti Kopsah), pada saat penggalian gagasan dan usulan untuk PNPM TA 2012 melalui musyawarah khusus perempuan, para kaum perempuan mengusulkan pembangunan Gedung Poskesdes. Bahkan untuk memperjuangkan usulan tersebut, salah satu kader posyandu, ibu Tri Astuti Marheni ditunjuk selaku ketua TPK, dibantu Bu Sri Astutik dan bapak Jamaludin.
Nampak Pak Camat sedang menyerahkan potongan tumpeng 
kepada Pak Dokter disaksikan oleh bu lurah Kopsah , 
bu Tri Astuti dan Pak Gik
Tepatnya tanggal 21 Nopember 2012 dilakukan Musyawarah Desa Serah Terima (MDST) sekaligus peresmian penggunaan gedung oleh Camat Baron. “Kita berharap dengan adanya pembangunan gedung poskesdes ini dapat meningkatkan pelayanan kesehaan bagi masyarakat dengan lebih baik lagi.” Demikian dikatakan oleh Bapak Camat Imam Hambali ketika memberikan sambutan dalam acara MDST, sekaligus meresmikan penggunaan gedung tersebut. Hadir juga dalam peresmian tersebut  Dokter Puskesmas Baron Bapak dr. Masrukin dan seluruh kader posyandu Desa Katerban. Dalam sambutannya Bapak dr. Masrukin, selaku dokter Puskesmas Kecamatan Baron menyampaikan terima kasih kepada semua pelaku PNPM MPd atas suksesnya pembangunan Gedung Poskesdes ini. “ Terima kasih kepada semua pelaku PNPM MPd atas terwujudnya pembangunan Gedung Poskesdes. Ini menunjukkan bahwa tanggungjawab untuk mewujudkan masyarakat yang sehat tidak semata merupakan tugas dinas kesehatan, tetapi juga (tanggungjawab) lintas sektor, termasuk dari program PNPM Mandiri perdesaan ini, juga tugas masyarakat itu sendiri.”
Kini keberadaan Gedung Poskesdes telah berdiri megah, tentunya semua berharap, kemegahannya akan semakin bermanfaat untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh warga Desa Katerban. Hal ini sesuai dengan harapan masyarakat Desa Katerban : “Dengan adanya Gedung Poskesdes yang baik dan nyaman seperti ini, kami pun selaku masyarakat yang setiap saat membutuhkan pelayanan kesehatan merasa ikut senang dan bangga.” Demikian dikatakan oleh Bu Masitah saat memeriksakan kehamilannya. Gedung Poskesdes ini memiliki tiga ruangan, yaitu ruang pemeriksaan pasien, ruang bersalin dan ruang tunggu. Hal ini sesuai dengan harapan dinas kesehatan, bahwa setiap pasien bersalin harus di tempat pelayanan bidan desa untuk meminimalisir resiko kematian bayi dan ibu melahirkan, karena setiap saat dapat dilakukan pertolongan sedini mungkin.

Bersebelahan dengan ruangan poskesdes ini juga dibangun ruangan tempat tinggal bidan desa, sehingga diharapkan pelayanan kesehatan dapat dilakukan setiap saat. “Alhamdulillah dan juga terima kasih kepada masyarakat Katerban yang telah membagun gedung poskesdes melalui program PNPM MPd. Kami pun juga ada tempat tinggal dan ini dapat menambah semangat kami dalam memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.” Demikian disampaikan Bu Yenik selaku Bidan Desa. Dijelaskan pula oleh Bidan Desa, bahwa tingkat kehadiran pasien yang melakukan pemeriksaan juga meningkat dibanding sebelumnya ketika pelayanan masih dilakukan di ruangan balai desa. Sebelumnya rata-rata ada 7-10 orang per hari, sekarang meningkat menjadi 10-17 orang per hari. Ini menunjukkan keberadaan tempat pelayanan yang memadai akan mendorong masyarakat untuk menyadari pentingnya kesehatan. Baik itu terkait dengan pelayanan KB, pemeriksaan kehamilan, imunisasi balita, dan pelayanan-pelayanan kesehatan lainnya. Hal ini juga didorong oleh adanya kebijakan pemerintah yang memberikan layanan gratis bagi semua lapisan masyarakat kurang mampu terutama bagi ibu-ibu dan anak balita.   Kini semua berharap keberadaan Gedung Poskesdes tersebut dapat meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat akan lebih baik, yang pada akhirnya dapat melahirkan generasi-generasi mendatang yang sehat dan cerdas, serta menuju masyarakat yang sadar akan kesehatan. Dan kita semua selaku pelaku PNPM Mandiri Perdesaan dengan suara yang nyaring mengatakan bahwa “PNPM Mandiri Perdesaan Bangga Membangun Desa” – Ditulis oleh  Pujiono, SE – Fasilitator  Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk


Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger