Home » » Kepala Desa Watukosek (Bapak Margono) “Tegas & Konsisten Terhadap Program” Mengantarkan Kelompok Mawar Menjadi Kelompok Terbaik Tingkat Kabupaten Pasuruan

Kepala Desa Watukosek (Bapak Margono) “Tegas & Konsisten Terhadap Program” Mengantarkan Kelompok Mawar Menjadi Kelompok Terbaik Tingkat Kabupaten Pasuruan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Minggu, 12 Mei 2013 | 10.26

Bapak Margono (KadesWatukosek)
Pasuruan - Bapak dari 2 anak ini yang lahir 56 Tahun yang lalu, merupakan salah satu sosok Kepala Desa di Kecamatan Gempol tepatnya di Desa Watukosek yang mempunyai konsistensi terhadap pelaksanaan Program PNPM MP di  desanya.  Gaya kepemimpinan yang dinilai terkadang cenderung arogan, keras tetapi sebenarnya benar-benar konsisten dalam mengawal Program PNPM MP di Desa Watukosek agar bisa berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan.  Kekonsistensian terhapap pelaksanaan program PNPM MP ini terbukti dengan  lancarnya proses seluruh Tahapan Kegiatan PNPM MP untuk Kegiatan Fisik mulai Tahun 2009 sampai sekarang.
Berikut adalah beberapa program kegiatan di desa Watukosek :
No    PNPM MP Tahun    Kegiatan                           Dana
1    2009    Pembangunan Gedung PAUD           Rp. 111.448.500
2    2010    Pembangunan Jalan Paving             Rp. 71.200.000
3    2010    Los Toko (pasca Krisis)                   Rp. 126.300.000
4    2011    Pembangunan Jalan Paving dan TPT Rp. 93.755.800
5    2012    Pembangunan Jl Paving Ds.Nglawang Rp. 43.412.700
6    2013    Pembangunan Gedung Posyandu    Rp. 47.692.100



Kades Mendampingi Verifikasi Usulan
Dalam mengawal program PNPM MPd, Kepala Desa yang juga seorang pensiunan Polisi ini mendorong seluruh pelaku desa (TPK, KPMD, Tim 18, Perangkat Desa, Tokmas) untuk bisa terlibat secara aktif dalam semua tahapan, harapannya bahwa pelaksanaan ini benar-benar bisa dikawal oleh masyarakat. Bapak Margono selalu menemani setiap tahapan pengusulan kegiatan dan monitoring pelaksanaanya.
Selain kegiatan fisik , kegiatan SPP di Desa Watukosek juga mendapat banyak dukungan, motivasi dan kepedulian beliau agar bisa berjalan lancar dan “ndak isin-isini deso” kata beliau. Ini terbukti mulai tahun 2009-2013 kelompok SPP desa Watukosek merupakan salah satu penyumbang pinjaman terbesar di Kecamatan Gempol dan masuk Kategori Lancar. Sampai saat ini jumlah Kelompok di  desa Watukosek sebanyak 34 Kelompok dengan nilai perguliran sebesar Rp. 805.000.000,-  dengan jumlah pemanfaat 355 orang. Desa Watukosek untuk SPP berjalan lancar saat ini bukan tanpa kendala, ada juga kelompok yang tidak tertib tapi dengan kepedulian serta kerjasama yang bagus antara Kepala Desa dengan UPK akhirnya bisa terselesaikan dan Desa Watukosek hingga hari ini masuk desa sehat. Prestasi lain dari SPP buah kepedulian dan kerjasama kepala desa terbukti tahun 2011 Kelompok SPP Desa Watukosek,  yaitu  Kelompok Mawar menjadi Kelompok Terbaik Tingkat Kabupaten Pasuruan.
 

Mendampingi Kelompok SPP
Kunci Kesuksesan SPP adalah beliau mau mendampingi setiap Tahapan SPP
1.    Ketika Proposal Kelompok Masuk Desa, kepala Desa ikut memverifikasi
2.    Ketika ada verifikasi beliau ikut mendampingi Tim Verifikasi dan mengikutkan pelaku desa lain untuk mendampingi
3.    Tahapan pencairan selalu dikawal untuk diketahui siapa saja peminjam dan kapan tanggal angsurannya
4.    Ketika ada permasalahan beliau terlibat langsung penangganan baik di tingkat Desa maupun Kelompok
 

Dengan kepedulian tersebut jadi kunci kelompok “takut” untuk tidak membayar. Hadiah manis lain dari kepedulian adalah Desa Watukosek kelompok SPP nya menerima IPTW terbesar di Kecamatan Gempol tahun 2012.  Bapak Margono kepala Desa Watukosek terkenal memang cukup tegas memprotes kebijakan-kebijakan yang dinilai tidak pas menurut beliau, ditingkat Kecamatan Kepala Desa yang merupakan tetua Kepala Desa di Kecamatan ini, banyak memberikan warna dalam perjalanan PNPM MPd. Beliau sepakat ketika semua desa punya kesempatan yang sama  mendapat dana PNPM MPd tetapi dengan konsekuensi tahapan program harus dilaksanakan sesuai dengan aturan serta melalui kompetisi (prioritas) dan konsisten terhadap itu.



Ing Ngarso Sun Tulodho... Ing Madya .......
Bagi sebagian masyarakat, ketika tidak memahami beliau banyak yang mencibir, tetapi bagi kami fasilitator Kecamatan yang selama ini mengawal program PNPM MPd Di Kecamatan Gempol merasa sangat banyak terbantu dengan kerjasama, kepedulian dan perhatian beliau terhadap Kesuksesan Program PNPM MP di Kecamatan Gempol.
Kami  berharap banyak muncul kepala desa-kepala desa yang punya komitmen bagus untuk mensukseskan program PNPM MPd  di masing-masing desanya, sehingga tujuan PNPM MPd akan lebih mudah terwujud.  Tegas, reaktif, dan konsisten terhadap program.............. PNPM MPd butuh orang-orang berani menyuarakan kebenaran di tengah-tengah tekanan perubahan masa.   Demikian sekilas  cerita dari Kecamatan Gempol Kabupaten Pasuruan, semoga bisa menjadi penyemangat untuk yang lainnya, kritik dan saran sangat dibutuhkan oleh penulis agar kedepan bisa memberikan gambaran fasilitasi yang lebih baik lagi. Amiin. Ditulis oleh  Baro’atun Chasanah, SP  (FK) &  Hetty Marlina, ST (FT)
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger