Home » » Apresiasi Kinerja Bagi Pelaku Program Melalui PNPM MPd – AWARD 2012 Kabupaten Trenggalek

Apresiasi Kinerja Bagi Pelaku Program Melalui PNPM MPd – AWARD 2012 Kabupaten Trenggalek

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Sabtu, 04 Mei 2013 | 08.33


Ketua DPRD Kabupaten Trenggalek & para pemenang
PNPM MPd Award 2012
Mulai tahun 2007 Pemerintah Indonesia mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri yang terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, serta PNPM Mandiri Wilayah Khusus dan desa tertinggal. PNPM – MPd  adalah salah satu program untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan dengan pola pemberdayaan.
PNPM MPd telah menghasilkan dan membentuk lembaga – lembaga  yang ada di desa dan kecamatan seperti BKAD, UPK, KPMD, TPK, Kelompok SPP, dan Pemerintah Lokal serta Sistem Perencanaan Pembangunan Partisipatif, maka dirasa penting oleh Pemerintah Kabupaten melalui kegiatan Ruang Belajar Masyarakat (RBM) yang dikelola Kelompok Kerja RBM memberikan Anugerah (Award) kepada pelaku program pemberdayaan PNPM MPd yang terbaik di Kabupaten Trenggalek.
Anugerah ini diharapkan dapat mendorong pelaku PNPM – MPd  tingkat desa dan kecamatan untuk memacu diri  bekerja lebih baik dalam rangka mensukseskan visi, misi PNPM – MPd.  Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan apresiasi kepada pelaku dan kelembagaan masyarakat dalam pengelolaan dan pelaksanaan program, sehingga memberikan motivasi kepada pelaku program lainnya untuk meningkatkan kinerja dan prestasi.
Secara singkat alur penentuan penerima anugerahan dilaksanakan dalam 3 tahapan yaitu :
•    Tahapan pendaftaran
•    Tahapan Penilaian Nominator meliputi Penilaian Administrasi, cross check / kunjungan lapangan
•    Penentuan pemenang

Pemenang kategori PPPD terbaik – Desa Kedungsigit


Pemenang kategori Dukungan Pemdes terbaik – Desa Gamping
Proses penentuan pelaku penerima anugerah PNPM MPd  Award 2012 diawali sosialisasi di semua kecamatan tanggal 22 – 24 Oktober 2012 disertai formulir pengisian yang harus diisi, dilanjutkan pendaftaran pelaku tanggal 29 Oktober 2012 – 15 Januari 2013.  Agenda seterusnya seleksi administrasi tanggal 28 januari 2013 dan cross check / kunjungan lapagan tanggal 05 – 20 Februari 2013. Proses akhir adalah rapat penentuan pemenang tanggal 22 Februari 2013 oleh tim penilai.
Kegiatan ini dinamakan PNPM MPd AWARD KABUPATEN TRENGGALEK TAHUN 2012 yang dilaksanakan hari Rabu tanggal 06 Maret 2013 bertempat di Pendopo Kabupaten.  Acara resmi dibuka oleh Bupati Trenggalek (Bapak Mulyadi) dilanjutkan acara inti pembacaan nominasi penerima anugerah PNPM MPd Award 2012.  Pemberian hadiah diberikan oleh Bapak Bupati, Ketua DPRD, Ibu Kholik mewakili Bapak Wakil Bupati Trenggalek, Kepala Bapemas Pemdes, Ketua Tim Penggerak PKK. 
Penghargaan diberikan kepada pemenang :
•    Kategori Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) – pemenangnya adalah BKAD Kecamatan Karangan
•    Kategori Unit Pengelola Kegiatan (UPK) – pemenangnya  adalah UPK Dongko Kec. Dongko
•    Kategori Kader Pemberdayaan Masyarakat (KPMD) – pemenangnya adalah Nur Indah Kanthi Larasati (KPMD Desa Puru Kec. Suruh)
•    Kategori Tim Pengelola Kegiatan (TPK) – pemenangnya adalah TPK Desa Tangkil Kec. Panggul
•    Kategori Kelompok Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPP) – pemenangnya adalah Kelompok Cendrawasih Desa Karangan Kecamatan Karangan
•    Kategori Dukungan Pemerintah Desa – pemenangnya adalah Pemerintah Desa Gamping Kec. Suruh
•    Kategori Perencanaan Partispatif Pembangunan Desa (PPPD) – pemenangnya adalah Pemerintah Desa Kedungsigit Kec. Karangan
 
Peserta pada masing-masing kategori yang dinyatakan menjadi pemenang mendapat hadiah berupa Thropy, Piagam Penghargaan, Uang Pembinaan sebesar Rp 750.000,- dengan sumber pendanaan dari DOK RBM 2012 dan sponsor tunggal BRI Cabang Trenggalek.


Pemenang kategori UPK terbaik – UPK Dongko


Pemenang kategori BKAD terbaik – Kecamatan Karangan


Semoga penganugerahan ini menjadi motivasi pelaku program tingkat desa dan kecamatan lebih baik dalam pendampingan program dan semoga kepedulian pemangku kepentingan dan pengambil kebijakan terhadap tenaga pelaku program lebih ditingkatkan karena selama ini mereka berjuang untuk kemajuan desanya yang lebih makmur dan sejahtera dengan didasari niat ibadah.














Pemenang kategori TPK terbaik – Desa Tangkil

Pemenang kategori KPMD terbaik – Nur Indah Kanthi Larasati – Desa Puru Kecamatan Suruh

Pemenang kategori SPP terbaik – Kelompok Cendrawasih Kecamatan Karangan

Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger