Home » » Menyorot Dana Bantuan RTM

Menyorot Dana Bantuan RTM

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Sabtu, 14 April 2012 | 07.59

Penyaluran Dana Bantuan RTM di kecamatan Plemahan, Kediri.

Realisasi penyaluran Dana Bantuan untuk kalangan Rumah Tangga Miskin yang merupakan salah satu Alokasi Surplus pasca MAD Tutup Buku pada PNPM Mandiri Perdesaan seringkali tidak sejalan deng`n prinsip-prinsip program.

Hingar bingar pelaksanaan MAD Tutup Buku dengan salah satu output adalah pembahasan dan penetapan Dana Bantuan untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) banyak yang melupakan maksud dari peruntukan dana tersebut dialokasikan.
Kenyataanya, cukup banyak peserta MAD yang menghendaki pembagian Dana Bantuan RTM dengan berbagai model termasuk bentuk materi yang akan dibagikan.
Beberapa rekomendasi atau hasil MAD telah memutuskan model pembangian Dana Bantuan RTM dengan kriteria:
  • Dibagikan kepada desa-desa yang mempunyai pinjaman SPP/UEP
  • Dibagikan secara proporsional kepada desa-desa yang berkontribusi/ terhadap jasa pengembalian pinjaman SPP/UEP
  • Desa yang tidak mempunyai kontribusi Pinjaman SPP/UEP tidak mendapatkan alokasi Dana Bantuan RTM
  • Dibagikan secara merata nilainya kepada semua desa yang ada di kecamatan
  • Disalurkan dalam bentuk uang tunai yang dibagikan kepada Kepala Desa, selanjutnya terserah Kepala Desa yang meyerahkannya kepada objek sasaran.

Kemudian dalam proses pengambilan keputusan atas hal ini, seringkali tidak dituangkan dalam Berita Acara keputusan MAD; baik terhadap nilai nominal-nya maupun terhadap bentuk kegiatan dan Nama-nama penerima bantuan tersebut.

Telaah terhadap persoalan tersebut; berbagai model perhitungan yang digunakan untuk pengalokasian Dana Bantuan RTM acapkali meninggalkan prinsip-prinsip dasar program, di antaranya:
  • Keberpihakan kepada masyarakat miskin
  • Menjangkau seluruh RTM yang ada di kebamatan
  • Memenuhi kebutuhan dasar bagi RTM
  • Memenuhi prinsip transparansi dalam proses penyalurannya, serta
  • Ketepatan sasaran dan pertanggungjawabannya
Untuk itu mari menengok ke belakang, mengapa PNPM Mandiri Perdesaan mengambil porsi ini untuk direalisasikan:
  1. Bahwa salah satu tujuan Dana Bantuan RTM adalah sebagai bentuk impelementasi dari komitmen Pemerintah RI dalam melaksanakan MDGS
  2. Pemberian Dana Bantuan RTM dari alokasi Surplus merupakan bentuk Carity terhadap orang-orang yang tidak beruntung secara ekonomi
  3. Bahwa dana SPP/UEP adalah milik seluruh masyarakat di kecamatan, sehingga pelaksanaannya harus berpihak kepada masyarakat miskin serta dapat menjangkau seluruh RTM yang berada di suatu kecamatan tanpa dikotomi antara RTM yang berada di Desa yang mempunyai pinjaman SPP/UEP dan RTM yang berada di desa yang tidak punya pinjaman SPP/UEP
  4. PNPM Mandiri tidak memperbolehkan penerapan prinsip "Bagi Rata", karena hal ini tidak sesuai dengan prinsip keadilan dan pemenuhan kebutuhan yang sesungguhnya
  5. PNPM mengedepankan spirit "pemberdayaan" dan "azaz manfaat" dan dalam realisasi kegiatannya.
Dengan demikian, apakah mekanisme serta maksud dari disalurkannya Dana Bantuan RTM sudah sesuai dengan prinsip-prinsip PNPM Mandiri Perdesaan? Mari kita lakukan evaluasi, mari bekerja lebih baik dan lebih peduli... :)
Share this article :

4 comments:

  1. Dengan demikian, apakah mekanisme serta maksud dari disalurkannya Dana Bantuan RTM sudah sesuai dengan prinsip-prinsip PNPM Mandiri Perdesaan? Mari kita lakukan evaluasi, mari bekerja lebih baik dan lebih peduli... :) kata-kata ini perlu digaris bawahi dan dijadikan intropeksi tolak ukur... " APAKAH KINERJA PNPM_MP JUGA TELAH BAIK????!!!!"

    BalasHapus
  2. Kalau menurut Pendapat Saya apakah sudah memenuhi Prinsip - Prinsip PNPM Mandiri Perdesaan atau belum kita harus melihat dari sisi teknis pelaksanaannya dan harus ada lembaga yang memantau/mengawasi yang diambilkan dari masyarakata langsung yang telah dibekali dengan berbagai aturan main mekanisme di PNPM MPd serta komitmen dari pelaksananya dipastikan idak menyimpang dari aturan main namun hal itu juga tidak mudah karena fakta dilapangan banyak sekali kepentingan yang secara politis jauh berkuasa di masayarakat

    BalasHapus
  3. sudahkah monitoring dari berbagai pihak yang terkait sudah berjalan dengan baik..................karena yakin pelaksanaannya belum sesuai dengan visi dan misi PNPM mandiri.MAJU TERUS PNPM.................KAMI MENDUKUNGMU.programmu baik dan tepat dengan harapan masyarakat tapi jangan kotori dengan tindakan yang menguntungkan pribadi dan golongan tertentu saja.SIAP BERKORBAN UNTUK RAKYAT MELALUI PNPM

    BalasHapus
  4. pertama, harus dicari n d sepakati indikator rtm dlm kecamatan. kdua, harus trdapat kesepahaman ttg maksud perioritas dan keadilan dalam keterbatasan sumber daya d banding dg calon pmanfaat. ktiga, pentingnya pemahaman n ksadaran bahwa rtm mrupakan target brsama dan utama dlm pngentasan kmiskinan bgi sluruh desa. dg dmikian, apa yg mnjadi tujuan (end)dpt dicapai dg mekanisme yg tepat tanpa mngurangi subtansi dri tujuan (means). smoga dana bantuan rtm tdk mnjadi masalah sosial baru.

    BalasHapus

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger