Home » » Lomba Bercerita Diperpanjang sd 31 Maret 2012

Lomba Bercerita Diperpanjang sd 31 Maret 2012

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Rabu, 07 Maret 2012 | 10.27

Apakah PNPM Mandiri membawa perubahan positif bagi Anda? Keluarga Anda? Kepala Desa Ada? Kegiatan bermasyarakat di desa Anda?
PNPM Mandiri mengundang Anda untuk bercerita mengenai perubahan-perubahan positif yang terjadi pada diri dan lingkungan Ada karena adanya PNPM Mandiri di lingkungan Anda.

Siapa saja yang bisa ikut:
Lomba ini terbuka bagi siapa saja. Kader, Fasilitator dan pelaku PNPM Mandiri di desa dan kecamatan sangat dianjurkan untuk mengikuti lomba ini.

Cerita yang disampaikan dapat berupa:
  • Perubahan pada diri pribadi
  • Perubahan pada diri orang lain yang anda ceritakan kembali
  • Perubahan pada organisasi terkait PNPM Mandiri atau organisasi lain di wilayah Anda
  • Perubahan pada masyarakat wilayah Anda

Cerita dapat disampaikan melalui:
Berbagai media, misalnya:
  • Tulisan tangan
  • Ketik komputer
  • Foto dengan keterangan
  • Film sederhana dari telepon genggam atau alat lain
  • Rekaman suara dari telepon genggam atau alat lain
  • Media lain sesuai kreativitas Anda
Cara mengirim cerita:
Cerita dapat dikirim dalam bentuk cetakan (kertas surat, hasil print komputer, dsb), foto, CD, DVD dan lain-lain.
  • Melalui pos ke PO BOX 6159 Jakarta Pusat
  • Melalui email ke komunikasi@pnpm-mandiri.org dengan Subject: Lomba Bercerita PNPM Mandiri
Harap cantumkan Nama, Alamat, Nomor Telepon dan Alamat Email (jika ada). Lomba ini dibuka sejak tanggal 30 Nopember 2011 hingga 31 Maret 2012.

Kategori
Semua cerita akan dikelompokkan dalam 7 kategori, termasuk:
  1. Infrasturkur Perdesaan dan Perkotaan [Kisah tentang perubahan yang dihasilkan dari adanya infrastruktur jalan tani, perbaikan sumber air bersih, pembangunan gedung sekolah, pembangunan sanggar kreativitas, ataupun juga pembangunan prasarana energy terbarukan seperti pembangkit tenaga listrik mikro hidro]
  2. Usaha pembangunan ekonomi lokal [Kisah tentang keberhasilan usaha Simpan Pinjam kelompok petani atau usaha ekonomi produktif yang dilakukan olek kelompok perempuan]
  3. Kegiatan kepemudaan [Kisah perubahan yang terjadi setelah adanya kegiatan-kegiatan yang mengaktifkan kembali karangtaruan dan kelompok-kelompok pemuda desa]
  4. Budaya [Kisah tentang keberhasilan komunitas dalam mengangkat kembali budaya yang telah lama hilang, perubahan yang terjadi setelah dihidupkan kembali kegiatan desa yang berhubungan dengan kesenian]
  5. Lingkungan hidup [Kisa tentang perubahan yang terjadi setelah adanya upaya-upaya melestarikan ;ingkungan sekitar, atau keberhasilan sebuah desa dalam menyelamatkan hutan dan mata air di sekitar desa mereka]
  6. Perjuangan dalam keterbatasan [Kisah tentang perubahan yang dialami dan atau diperjuangkan oleh orang-orang yang memiliki keterbatasan fisik serta kaum marjinal lainnya untuk meraih sukses dan impin hidupnya]
  7. Lain-lain [Kisah tentang perubahan-perubahan lain yang terjadi pada diri pribadi, kelompok atau masyarakat].
Tahapan Lomba
Seluruh kisah yang diterima akan dicatat dan dikumpulkan berdasarkan 7 kategori dan berdasarkan media yang digunakan (surat elektronik, surat yang ditulis tangan, video (dvd/youtube), voice recorder, foto dan media lainnya).

Panitia akan melakukan seleksi atas ide cerita dan perubah`n yang terjadi, bukan pada cara menyampaikan ide dan akan memilih 20 semifinalis untuk masing-masing kategori (namun bisa tergantung pada jumlah cerita yang kami terima).
Semifinalis akan diwawancara (melalui telepon dan atau kunjungan langsung) untuk verifikasi kisah dan sekaligus menilai ide cerita lebih lanjut. Hasil dari kegiatan ini adalah 10 finalis masing-masing katdgori untuk dipilih sebagai pemenang kompetisi.

Pemenang dan hadiah
Akan dipilih 30 cerita yang paling memberikan inspirasi mengenai perubahan positif terkait PNPM Mandiri. Cerita terbaik akan dipilih oleh komite kecil yang terdiri dari Tim Pengendali PNPM Mandiri, LSM dan PNPM Support Facility. Masing-masing cerita akan mendapatkan hadiah Rp.1.000.000. Pemenang akan dihubungi melalui telepon yang Anda cantumkan dan akan kami umumkan melalui website www.pnpm-mandiri.org.

Cerita-cerita terbaik dari kompetisi ini akan dibukukan untuk disebar secara luas. Akan dipilih 10 dari 30 pemenang untuk diundang dan mempresentasikan kisah mereka dalam acara Temu Nasional PNPM Tahun 2012.

Catatan:
  • Panitia berhak mempublikasikan cerita yang dilombakan dengan memperhatikan hak cipta pengirim cerita
  • Cerita yang masuk akan menjadi hak milik panitia lomba. Bila diterbitkan dalam bentuk apapun akan dikonfirmasikan kepada setiap pengirim cerita
  • Lomba ini bersifat GRATIS dan tidak dipungut biaya apapun.



Sumber berita: PNPM Support fachlity
Share this article :

11 comments:

  1. saya sangat senang dengan adanya ide lomba bercerita ini.

    BalasHapus
  2. Hahaha.. Udah kehabisan nafas msh disuruh nraktir kasi pembangunan se kabupaten yg numpang rapat dirakorkab FK dg agenda persiapan hari jadi Nganjuk & bulan bakti gotong royong.

    BalasHapus
  3. gaji..gaji...gaji.... kapan kau akan masuk rekening kami...

    BalasHapus
  4. PNPM adalah progam pro rakyat, masyarakat bangga dengan PNPM. Semoga penggerak PNPM tingkat Kab/Kec/Desa surga balasannya. Proses transfer gaji dipersulit semoga neraka balasannya.

    BalasHapus
  5. hem.... insya allah aku ikut....

    BalasHapus
  6. Baru sekarang saya dengar ada KPPN yg menghambat pencairan dana. Konyol banget ya?

    BalasHapus
  7. Mulai server,laporan terlambat, kurang berkas,....faktor gaji mundur, tidak profesionl..

    BalasHapus
  8. sebenarnya mangkel juga sama satkerprov yang terkesan mempersulit proses transfer gaji., tapi mau gimana lagi. Saya percaya hukum karma. setiap manusia pasti dapat balasan atas perbuatannya. jika tidak pada dirinya pasti pada keturunannya.

    BalasHapus
  9. Alhamdulillah.. Mewakili jajaran Faskab, kita ikut perpartisipasi dlm Lomba Bercerita dg tema ''Ironi PNPM Jawa Timur: Nestapa Fasilitator Pemberdayaan Masyarakat yang tak Berdaya Oleh Arogansi dan Kesewenang-wenangan Satkerprov''. Moga saja bisa masuk nominasi..

    BalasHapus
  10. Kwkwkw.. Siap mendukung faskab.

    BalasHapus
  11. tidak ada yang bisa melawan koloni-koloni BIROKRASI yang terhormat.

    BalasHapus

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger