Home » , » Pelatihan Media Pokja RBM

Pelatihan Media Pokja RBM

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Sabtu, 10 Desember 2011 | 12.04

Trenggalek - Dana Operasional Kegiatan (DOK) Ruang Belajar Masyarakat (RBM), merupakan salah satu jenis dana Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang diberikan oleh pemerintah sebagai stimulan untuk meningkatkan peran aktif masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan nasional melalui PNPM Mandiri Perdesaan. Di sisi lain, kegunaan DOK RBM juga untuk meningkatkan pemahaman dan kapasitas masyarakat tentang hak dan kewajiban mereka dalam mengatasi permasalahan dan problematika sosial di daerahnya masing-masing serta untuk menggiatkan publikasi keberhasilan PNPM Mandiri melalui media.

Dalam realisasinya, pada tanggal 8 hingga 10 Desember 2011 PNPM Mandiri Perdesaan Kabupaten Trenggalek menyelenggarakan Pelatihan Media bagi Kelompok Kerja (Pokja) Ruang Belajar Masyarakat. Salah satu tujuan penting dari kegiatan ini antara lain agar Kabupaten Trenggalek mempunyai Pokja bidang Media yang disiapkan untuk merancang dan menggiatkan  publikasi atas keberhasilan PNPM di kabupaten tersebut.
Adapun materi utama dalam pelatihan ini, antara lain:
  1. Jurnalistik
  2. Menulis dan meliput berita
  3. Advetorial
  4. Disain grafis, dan
  5. Membuat Website berbasis Blog

Pelatihan Media tersebut diselenggarakan di Laboratorium Komputer SMA Negeri Pogalan kabupaten Trenggalek yang diikuti 29 peserta dari 13 kecamatan dengan melibatkan narasumber dari berbagai unsur, seperti Wartawan, Guru Komputer, Fasilitator hingga Spesialis MIS Provinsi Jawa Timur. Tampak sebagian besar peserta sangat antusias saat mengikuti pelatihan, baik sejak awal pelatihan hingga berakhirnya kegiatan ini meskipun pada saat sessi terakhir pelatihan dengan materi Membuat dan Mengelola Blog jaringan internet yang digunakan jalannya seperti Putri Solo... :)

Share this article :

6 comments:

  1. lumayan bos..satu awalan yang baik....

    BalasHapus
  2. Hem.... membangun indonesia menembus media mulai dirasa sangat dekat dan bermakna. satu langkah lebih maju telah kita lakukan.

    Kami, tim kreatif rbmsampang.com ingin mengajak para sahabat indonesia untuk bersama-sama berbagi informasi dan teknik menjamurkan informasi bermutu masyarakat yang dapat diakses oleh seluruh rakyat indonesia.

    kami juga memiliki sebuah packing media yang berisikan metode pembelajaran teknologi kalangan masyarakat yang kami sampaikan dalam bentuk video, packing arsip penting dalam bentuk ebook dll.

    semoga sahabat indonesia senantiasa berangkul menjunjung tinggi negara Indonesia.

    BalasHapus
  3. Ayo hasil pelatihannya di follow up -i .... biar ada hasilnya.... media terbentuk dan masyarakat menjadi tahu apa itu PNPM.... Ayo benar-benar cerdaskan masyarakat..... di Trenggalek kecamatan mana ya yang sudah bikin media?........

    BalasHapus
  4. Kalau Cuman Bikin Tulisan via Blog???? Rugi Besar Bos n cuman buang -2 Uang Doank, Bikin Tulisan???? makin buang-2 duwit bro..... Bikin yang special yang mampu membangkitkan semangat Gotong Royong n Mampu Mengubah WaJah Negeri ini yang semakin Kusam

    BalasHapus
  5. mohon ijin sedot berita pak, buat media RBM pasuruan edisi 3. Trima kasih atas ilmu yg d berikan semoga kami bisa menerapkn d daerah masing2.

    BalasHapus

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger