Home » » Membuat dan Mengelola Blog

Membuat dan Mengelola Blog

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Jumat, 09 Desember 2011 | 19.58

I.  PENDAHULUAN

1. Apa itu Blog ?

Blog merupakan sigkatan dari “Web Log” adalah salah satu aplikasi web berupa tulisan-tulisan yang umum disebut sebagai posting pada halaman web. Tulisan-tulisan tersebut seringkali diurut dari yang terbaru dan diikuti oleh yang lama.
Awalnya, blog dibuat adalah sebagai catatan pribadi yang disimpan secara online, namun kini isi dari sebuah blog sangat bervariatif ada yang berisi publikasi dan share dokumen (contoh blog: www.pnpm-jatim.blogspot.com), tutorial, curhat, bisnis dan lain sebagainya. Secara umum, blog tidak ada bedanya dengan situs yang ada di internet.
Flatform blog atau seringkali disebut juga dengan mesin blog dibuat sedemikian rupa oleh para designer blog agar mudah untuk digunakan. Dulu, untuk membuat aplikasi web diperlukan pengetahuan tentang pemrograman HTML, PHP, CSS dan lain sebagainya, dengan blog semuanya menjadi mudah semudah menyebut angka 1 2 3.

2. Cara membuat Blog di Blogspot

Salah satu penyedia blog gratis yang cukup populer saat ini adalah  blogspot atau blogger dan wordpress, dimana ketika mendaptar adalah melalui situs blogger.com namun nama domain yang akan anda dapatkan adalah sub domain dari blogspot, contoh : contohsaja.blogspot.com
Kenapa harus membuat blog di blogger.com bukan pada situs penyedia blog lainnya? Sebenarnya tidak ada keharusan untuk membuat blog di blogger, namun ada banyak kelebihan yang dimiliki blogger di banding dengan penyedia blog lain. Beberapa contoh kelebihan blogspot di banding yang lain yaitu mudah dalam pengoperasian sehingga cocok untuk pemula, lebih leluasa dalam mengganti serta mengedit template sehingga tampilan blog anda akan lebih fresh karena hasil kreasi sendiri, custom domain atau anda dapat mengubah nama blog anda dengan nama domain sendiri misalkan contohsaja.blogspot.com di ubah menjadi contohsaja.com,sedangkan hosting tetap menggunakan blogspot dan masih tetap gratis.
Perlu ditekankan dari awal bahwa internet itu sifatnya sangat dinamis, sehingga mungkin saja dalam beberapa waktu kedepan panduan membuat blog di blogspot ini akan sedikit berbeda dengan apa yang anda lihat di blogger.com.
II.  MENDAFTAR (Langkah Membuat Baru)
1.  Membuat Email
Salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam membuat blog adalah anda memiliki alamat email yang masih aktif atau di gunakan. Jika anda belum mempunyai alamat email, silahkan daftar terlebih dahulu di gmail karena blogger adalah salah satu layanan dari Google maka ketika mendaftar ke blogger sebaiknya gunakan email gmail. Jika anda belum paham bagaimana cara membuat email, silahkan gunakan mesin pencari google untuk mencari panduannya.
2.  Memulai Membuat Blog
1.    Silahkan kunjungi situs http://www.blogger.com
2.    Setelah halaman pendaftaran terbuka, alihkan perhatian ke sebelah kanan atas, ubah bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami. Silahkan langsung login dengan menggunakan username serta password gmail anda ( akun email anda bisa untuk login ke blogger).
3.    Klik tombol bertuliskan CIPTAKAN BLOG ANDA.
4.    Isilah nama judul blog serta alamat blog yang di inginkan. Ingat! dalam membuat alamat blog harus benar-benar serius karena itu permanen tidak dapat digantikan lagi (kecuali nanti ganti dengan custom domain). Jika alamat yang diinginkan ternyata tidak bisa digunakan, masukkan kembali alamat lain yang masih tersedia. Jika alamat blog yang diinginkan masih tersedia, silahkan klik anak panah bertuliskan LANJUTKAN.
5.    Silahkan pilih template yang anda sukai ( template ini nanti bisa diubah lagi kapan saja anda mau), kemudian klik LANJUTKAN.
6.    Akan ada tulisan “Blog Anda Sudah Jadi!”. Silahkan lanjutkan dengan klik tombol MULAI BLOGGING

III.  MENULIS (Posting)
1.    Pilih menu Post 
2.    Setelah masuk post editor, silahkan isi apa saja, misal : hello world. Klik Tombol PRATINJAU untuk melihat tampilan yang nanti akan muncul di blog, klik tombol TERBITKAN ENTRI jika posting anda mau dipublikasikan ke publik.
3.    Klik “Lihat Entri” untuk melihat blog anda. Berikut contoh tampilan blog yang tadi di buat.
4.    Selesai.



IV.  MENGELOLA BLOG
Agar  tampilan dan fungsi Blog dapat lebih maksimal, maka kita dapat mengubah disain Blog dengan fasilitas kelola blog (Template dan tata letak)
Gambar di bawah ini menujukkan tata letak blog yang berhasil kita buat, berikut penjelasan masing-masing bagian:
A.  Ikhtisar
Adalah ringkasan atas aktivitas blog yang sudah berjalan, meliputi :
·       Jumlah pengikut
·       Jumlah posting
·       Jumlah penayangan
·       Jumlah komentar
·       Termasuk statistika dari jumlah orang yang mengakses blog kita, dll
B.  Post
Adalah menu/fasilitas untuk :
·   Menampilkan menu untuk membuat posting baru, menghapus, meng-edit dan melihat tulisan yang pernah kita buat Menampilkan seluruh tulisan yang pernah kita posting
·       Menampilkan berapa kali diakses oleh orang lain
C.  Laman
·    Menampilkan menu untuk membuat halaman (Sheet) baru baru (halaman depan/default untuk posting = Beranda), menghapus dan melakukan edit
·  Menampilkan menu untuk mengubah pilihan tampilan (Tab Atas, Tautan Samping, Jangan Ditampilkan)
D.  Komentar
·       Menampilkan seluruh komentar yang masuk ke blog kita
·       Menampilkan menu moderasi, menghapus, menjadikan spam
E.   Statistik
·       Menampilkan Jumlah penayangan
·       Menampilkan statistika dari jumlah orang yang mengakses blog kita, dll
F.   Tata Letak
a.    Favicon (Favorit Icon)
Adalah fasilitas untuk mengganti icon default Blog menjadi icon yang kita inginkan. Syarat agar proses penggantian ini brhasil, maka disain icon yang akan kita gunakan harus benar-2 berdimensi bujursangkar, misal 120x120 pixel.
b.    Header
Adalah fasilitas untuk mengubah Nama Tampilan Blog, memasang Gambar Header (dengan ukuran memanjang) serta menuliskan deskripsi dari Blog yang kita buat.
c.     Gadget
Adalah fasilitas untuk menambahkan menu pada Blog anda, dapat berupa: Statistik Blog, Gambar, Teks, Polling, Java Script, Video, dll.
Adapun penempatan posisi Gadged ini bisa diletakkan/dipidah posisinya sebagaimana kebutuhan, misal pada posisi Header, Laman, Kolom kiri area posting, Kolom samping kanan area posting, Baris di atas area posting atau di baris bawah area posting.
G.  Template
Adalah menu untuk mengubah/mengganti dengan memilih Template atau mengubah tampilan melalui bahsa program HTML-nya.
Silahkan memilih disain Template yang diinginkan, sesuai dengan karakter/materi Blog yang akan ditampilkan.
a.    Ubah Sesuaikan
Adalah fasilitas untuk mengubah piliahan Template, Latar Belakang, Sesuaikan Lebar, tata Letak, Tingkat Lanjut. Untuk pilihan tingkat lanjut, kita dapat mengatur warna dasar, jenis font, warna font, dsb sesuai dengan pilihan
b.    Edit HTML
Adalah fasilitas untuk mengubah tampilan termasuk mengganti disain dari Blog yang sudah tersedit. Untuk dapat melakukan hal ini, tentunya kita harus menguasai bahasa HTML atau Java Script. Sebab kalau tidak maka Blog yang kita buat akan tampil kacau...
c.     Menghilangkan Navbar
Navbar merupakan singkatan dari Navigation Bar yaitu suatu frame yang terdapat pada sebuah blog atau website, umumnya Navbar terdapat pada top (diatas) sebuah web atau blog. untuk kesempatan ini EDIT_HTML akan membahas tetang Navbar blogger yang mana navbar tersebut dapat diremove atau dihilangkan. Proses penghilangan yang dilakukan adalah secara ilegal dan dapat memungkinkan suatu blog akan di banned atau di blok pemakaiannya oleh blogger. Di sisilain EDIT_HTML akan menjelaskan kode CSS yang digunakan hanya sekedar pengetahuan dalam mengedit HTML. Adapun langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut
1.   Masuk ke kontrol panel (log in) blogger anda tepatnya di menu sub menu Template yaitu Edit Template (Edit HTML)
2.   paste CSS definition pada bagian atas template code:
<b:skin><![CDATA[/*
-----------------------------------------------
Blogger Template Style
Name:     Rounders
Designer: Douglas Bowman
URL:      www.stopdesign.com
Date:     27 Feb 2004
Updated by: Blogger Team
----------------------------------------------- */
#navbar-iframe {
display: none !important;
}
/* Variable definitions
====================
<Variable name="mainBgColor"
description="Main Background Color"
type="color" default="#fff" value="#ffffff">
<Variable name="mainTextColor"
description="Text Color" type="color"
default="#333" value="#333333">
...
*kode ccs yang berwarna background hijau adalah HTML hack untuk Remove Navbar Blogger dan untuk mengembalikan ke bentuk semula anda cukup menghapus kembali.

H.  Setelan
Adalah fasilitas untuk mengatur hal-hal penting terkait dengan tampilan Blog kita, termasuk pengaturan kembali Nama Blog, Jenis Blog, TimeZone, bahasa yang diguakan, pengaturan, posting, moderasi atas komentar yang masuk

I.   Membuat Tautan dengan Server
Untuk melengkapi fasilitas Blog yang kita buat agar dapat memberikan manfaat yang lebih kepada pengunjung Blog, salah satunya dengan cara menyediakan fasilitas Share File/Dokumen pada Blog kita. Hal ini dapat kita lakukan dengan cara membuat tautan dengan Server dimana kita meletakkan file yang akan di-share kepada publik. Untuk keperluan tersebut tentunya kita harus memiliki/meyewa sebuah Server, yang kita gunakan untuk meletakkan/menyimpan file-file yang akan dipanggil/di-share melalui Blog kita.
Jangan khawatir, meskipun kita tidak memiliki cukup uang untuk menyewa Server, Google sebagai penyedia akun Blog Gratisan juga menyediakan fasilitas untuk membuat Site secara gratis dengan kapasitas Server sebesar 100MB. Sebuah ruang free yang cukup besar untuk kita kelola. Smile... J
1.     Memulai mebuat Site Google
a.   Masuklah ke alamat website Goole berikut: https://sites.google.com, maka internet akan menampilkan menu awal dari Google Sites. Bila Anda belum memiliki akun email Googe, maka untuk kemudahan proses pembuatan sites serta komunikasi data dan informasi dari Google Anda disarankan untuk membuat akun email berbasis Google terlebih dahulu. Langkah langkah untuk membuat email Google dapat dicari melalui Mbah Google dot Com.
b.    Ketikkan alamat email Anda dan tidak lupa juga Password-nya
c.     Klik tombol CREATE sebagaimana gambar berikut
d.    Langkah berikutnya, pilih model Template yang diinginkan dan ketikkan nama Site Anda...
Atau pilih template yang disediakan. Setelah itu klik icon BUAT SITUS...
e.   Setelah Situs berhasl dibuat, selanjutnya lanjutkan dengan klik icon More untuk mengelola Situs...
f.    Lanjutkan dengan klik icon Lampiran, untuk mengunggah (upload) file atau dokumen yang akan dipanggil melalui Blog...
g.  Klik tombol/icon Upload, untuk mengunggah file yang akan disimpan di Server dari Situs yang kita buat...
h.  Klik icon/tombol Telusur, untuk mencari file yang akan kita unggah... Kemudian pilih file yang kita kehendaki dan klik tomcol Open (atau tekan double click mouse)
i.    Lanjutkan dengan klik tombol UNGGAH... Setelah selesai proses Upload, maka file yang kita unggah dapat dipanggil melalui Website/Blog lain dengan cara dipanggil melalui tautan (Link)
Bila proses unggah (upload) data selesai, makan sejumlah file yang telah kita unggah akan tampil di Server Situs Google yang kita buat...
j.    Untuk melihat alamat file yang akan kita Link-kan di Halaman Blog, tekan klik kanan mouse pada tombol Unduh, dan pilih Salin Lokasi Tautan...
Kemudian jadilan lokasi tautan ini sebagai Link pada Blog Anda...
k. Agar data yang di-unggah bisa di-share/dibaca oleh publik maka lakukan Setting Situs dengan pilih Setel Laman....
l.    Tandai semua Check Box yang ada dan Kilim tombol SIMPAN...

Ulasan tentang Membuat dan Mengelola BlogSpot dapat diunduh di sini [download


Selamat Mencoba...  :)
Share this article :

1 comments:

  1. matur nuwun sing katah ilmune........

    BalasHapus

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger