Home » » Sumbergempol Laksanakan Jalan Sehat Sebagai Upaya Sosialisasi PNPM MPd 2014

Sumbergempol Laksanakan Jalan Sehat Sebagai Upaya Sosialisasi PNPM MPd 2014

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 09 Januari 2014 | 11.47

TULUNGAGUNG - Merujuk surat dirjen PMD tanggal 27 Pebruari 2013 tentang Pendanaan SPP. Yang didalamnya menegaskan bahwa kecamatan dengan dana perguliran lebih dari 2 Milyard dan mengendap di bank lebih dari 15% selama 3 bulan terakhir maka kecamatan tersebut tidak dapat mengusulkan BLM untuk kegiatan SPP untuk selanjutnya dialihkan ke usulan kegiatan peningkatan kapasitas usaha ekonomi kelompok perempuan. Merujuk Surat Deputy Korprov RMC IV PNPM MPd Provinsi Jawa Timur Nomor 215/PNPM-MPd/IX/2013 tanggal 10 September 2013 tentang Pelaksanaan PNPM MPd TA. 2014. Yang didalamnya menegaskan bahwa parameter untuk kebijakan pengalihan pendanaan SPP bersumber dari dana BLM ke Peningkatan Kapasitas mengacu pada Idle Capital maksimal 15% dengan manggunakan basis data sejak Januari - Agustus 2013. Analisa data laporan keuangan UPK Kecamatan Sumbergempol menunjukkan bahwa dana yang mengendap di bank (idle capital) periode Januari sampai Agustus 2013 lebih dari 15 %, maka Alokasi BLM TA 2014 Kec. Sumbergempol untuk kegiatan Simpan pinjam perempuan dialihkan ke kegiatan pelatihan dan sosialisasi nampaknya menjadi point penting agar masyarakat mengetahui sumber dana PNPM Mandiri Perdesaan di Kecamatan Sumbergempol.

Mendasar pada permasalahan diatas mendorong tim PNPM Kecamatan Sumbergempol melakukan Gebyar Sosialisasi PNPM MPd. Kegiatan ini diharapkan mampu menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat terhadap pelestarian kegiatan PNPM MPd khususnya Simpan Pinjam Perempuan.  Kegiatan Gebyar Sosialisasi PNPM MPd TA 2013 dibuka oleh Satker Kab. Tulungagung Bpk. Siswo Santoso,  yang dilanjutkan dengan dengan kegiatan jalan sehat.  Kegiatan jalan sehat ini diikuti sekitar 4.200  peserta dengan menempuh jarak sekitar 4 km. Jalan sehat di sponsori Yamaha, Rokok Xeo, Bank Jatim dan sponsor sponsor lainnya.
Adapun acara utama adalah pembagian bansos yang berupa sembako dan beasiwa. Sembako diberikan kepada lebih dari 1.000 rumah tangga miskin dan beasiswa diberikan kepada 102 anak dari rumah tangga miskin se kecamatan Sumbergempol dalam bentuk peralatan sekolah. Kegiatan ini mampu mengembirakan masyarakat karena juga menyuguhkan lagu lagu gembira kepada masyarakat sumbergempol. Sehingga dengan tidak sadar masyarakat sumbergempol mampu menyerap informasi tentang PNPM Mandiri Perdesaan yang disampaikan disela sela acara hiburan.
Semoga dengan kegiatan ini dapat lebih mendekatkan program PNPM Mandiri Perdesaan dengan masyarakat di Kecamatan Sumbergempol.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger