Home » » Perempuan Itu Bernama MASBACHAH - Profil loyalitas KPMD Perempuan

Perempuan Itu Bernama MASBACHAH - Profil loyalitas KPMD Perempuan

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 07 Mei 2013 | 20.03


Masbachah sedang memfasilitasi
Sebut  saja Masbachah. Perempuan yang lahir di Gresik, 27 Maret 1970 bergabung dengan PNPM MPd di Kecamatan Ujungpangkah (2009-2012) tepatnya Dusun Tegal Desa Pangkahkulon, yang kurang lebih berjarak 0,5 km dari ibukota kecamatan. Desa yang satu ini merupakan salah satu asset daerah karena memiliki potensi  “ Kelompok usaha produktif ”
Dalam kapasitasnya sebagai pelaku PNPM MPd, seorang Masbachah tidaklah sama dengan teman sejawatnya dari desa lain. Tampilannyapun sangat sederhana, apa adanya yang mencerminkan sosok perempuan asli desanya dengan berbagai aktivitas rutin  diluar PNPM MPd. Rasa percaya diri dengan ditopang oleh komitmen yang tinggi seorang Masbachah selama ini tidaklah sia-sia.        
             

Kegiatan Verifikasi Kelompok  SPP
Hal ini tampak ketika tahapan kegiatan PNPM MPd sudah memasuki proses tahapan verifikasi usulan, oleh Tim Verifikasi (TV) disampaikan bahwa ” ada nuansa yang berbeda untuk proses verifikasi usulan SPP mulai saat ini dan ke depannya ” dimana untuk mendukung akuntabilitas hasil verifikasi perlu dilakukan kunjungan by name by adress. “
   Verifikasi harus terukur, obyektif, dan tepat sasaran ”Objek yang dijumpai pada tahapan kunjungan ke calon pemanfaat akan didokumentasikan per pemanfaat sebagai dokumen kelompok SPP milik desa Pangkahkulon ”.  Oleh Masbachah mekanisme baru ini tidak menjadikan beban baginya dan dengan telaten mengantarkan kunjungan ke calon pemanfaat satu per satu bersama tim verifikasi untuk mengukur kebutuhan calon peminjam (SPP).    Dengan kemapuan yang dimiliki, Masbachah telah merangkaikan kalimat  ”……. Karena pinjaman di Bank bunganya besar dan butuh jaminan…. ” demikian penggalan kalimat yang di ucapkan. Kontan saja personil TV dan tim lainnya yang mendampingi kunjungan lapangan tertegun mendengarnya.


Kegiatan TV dalam Verifikasi SPP
Hingga  pada MAD Penetapan Usulan yang dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2013  ketika usulannya tidak bisa didanai PNPM MPd, hal  ini tidak  membuat Masbachah putus asa. Terbukti pada waktu Musyawarah Desa Informasi hasil MAD Penetapan  Usulan tanggal 7 Maret 2013 yang bertempat di Balai Desa Pangkahkulon dengan dihadiri 25 orang peserta yang sebagian besar adalah dari calon pemanfaat SPP yang tidak bisa berpartisipasi pada program regular di tahun anggaran 2013 dengan tetap semangat memimpin jalannya musyawarah desa.  Masbachah ……… teruskan semangat dan komitmenmu, ayo kita dukung dan sukseskan PNPM MPd di Kecamatan Ujungpangkah  untuk masa mendatang – ditulis oleh  Aris Yoelianto Legowo (FK  Ujungpangkah Gresik).
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger