Home » » Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dengan Memanfaatkan Banyaknya Para Peternak Di Sekitar Masyarakat

Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik Dengan Memanfaatkan Banyaknya Para Peternak Di Sekitar Masyarakat

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Selasa, 14 Mei 2013 | 12.56

Suasana Praktek  Pelatihan Pupuk Organik
Kediri - Kegiatan Pelatihan Pembuatan Pupuk Organik merupakan rangkaian kegiatan peningkatan kapasitas dalam tahapan perencanaan partisipatif. Kegiatan ini berangkat dari hasil diskusi tim inti perencanaan partisipatif yang beranggapan bahwa kotoran ternak yang banyak dihasilkan oleh ternak peliharaan masyarakat mempunyai potensi besar dalam ikut menunjang hasil pertanian yang baik. Ditunjang dengan biaya yang murah dan mudah didapat namun juga mempunyai produktifitas tidak kalah bahkan sebagian menilai lebih baik daripada pupuk modern produksi pabrik. Kegiatan ini diselenggarakan selama satu bulan dilaksanakan oleh Tim Pengelola Kegiatan bekerjasama dengan Dinas Perternakan dan Pertanian dengan dibiayai oleh BLM PNPM Integrasi tahun anggaran 2012. Kegiatan ini diberi nama Pelatihan Pupuk Organik Desa.
Pelatihan diikuti oleh satu kelompok dimana kelompok ini harus mengikuti seluruh materi pelatihan. Pelatihan dilaksanakan dalam dua bagian kelas yang berkesinambungan, yakni penyampaian materi di kelas dan praktek lapangan. Antusiasme peserta mengikuti pelatihan sangat tinggi. Dibuktikan dengan aktifnya para peserta mengikuti seluruh rangkaian pelatihan sejak dari materi, praktek dan menguji cobakan dilahan mereka sendiri.  Diwaktu jeda dalam menunggu hasil jadi pupuk, para peserta dibawa ke pabrik pembuat salah satu bahan baku penunjang pembuatan pupuk
Pada saat penutupan pelatihan, peserta meminta kepada TPK untuk difasilitasi pengadaan bahan praktek pendalaman keterampilan pasca pelatihan. Menyikapi hal tersebut TPK bekerjasama dengan Gapoktan untuk bisa menggunakan pupuk buatan para peserta dimana hasil penjualannya bisa digunakan lagi untuk berproduksi lagi. 


Pasca Pelatihan

Pengembangan keterampilan yang diterima membutuhkan bahan baku berupa Kotoran Ternak. Kebutuhan bahan baku disikapi oleh TPK dan kelompok binaan yang terbentuk di Desa Karangpakis dengan cara melakukan sosialisasi dan kerjasama dengan para peternak yang ada didesa dan sekitarnya. Pihak peternak diminta untuk menyisihkan kotoran ternak mereka untuk digunakan dalam pembuatan pupuk organik.  Sosialisasi yang dilakukan TPK Desa Karangpakis diterima dengan baik oleh para peternak dimana kotoran ternak mereka yang selama ini hanya dibuang akhirnya bisa termanfaatkan untuk hal yang lebih bermanfaat bagi banyak pihak.  Saat ini, kelompok didesa tersebut mencoba menjalankan kesinambungan dari pelatihan yang telah diterima dimana manfaatnya bisa dirasakan oleh para peternak, pembuat pupuk dan juga para petani. Semoga keterampilan yang diterima dapat dikembangkan dan bermanfaat ekonomi bagi masyarakat miskin didesa tersebut serta para peserta pelatihan menularkan hasil pelatihannya secara teratur dan selalu melakukan monitoring dan evaluasi dari kegiatan yang dilakukannya bersama dengan kelompok dampingan.  Semoga kegiatan ini bisa berkelanjutan dalam rangka ikut kontribusi mewujudkan revolusi hijau di muka bumi ini dari bahaya efek rumah kaca.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger