Home » » PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PENDAMPING LOKAL (PL) PNPM MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2012

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS PENDAMPING LOKAL (PL) PNPM MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN LUMAJANG TAHUN 2012

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 03 Januari 2013 | 10.11

Suasana Training In Class Room Yang Difasiliatasi Oleh Fasilitator
Kegiatan rutin pelatihan Pendamping Lokal (PL) agar tidak monoton dan menjenuhkan, maka materi pelatihan di buat prosentase 65 % teori dan 35% praktek lapangan. Harapannya ke depan bisa terjadi alih ilmu (tranfer of knowledge) dari pendamping ke pelaku lokal.
Pelatihan di laksanakan pada tanggal 11-13 Desember 2012 selama 2 (dua) hari di Hotel Samonaken Kecamatan Senduro, dan 1 (satu) hari Praktek Lapangan di Desa Wonokerto, Kecamatan  Tekung Kabupaten Lumajang. Pelatihan  diikuti oleh 19 orang Pendamping Lokal se-Kabupaten Lumajang.  Acara di buka oleh Bpk Syamsul Arifin, SP, MM selaku PjOKab Kabupaten  Lumajang.   Sedangkan sebagai  trainer pelatihan adalah hampir semua Fasilitator teknik  dan Asisten Faskab dan Asisten Fastekab Kabupaten Lumajang.  



Suasana Out Bond - Team Building Antar Sesama Peserta Training
Materi Pelatihan : Orientasi dan re-optimalisasi peran PL, Konsepsi Integrasi PNPM MPd, SAV VAP MAP dan TOS, Rencana Anggaran Biaya (RAB), Gambar Teknik, Buku Material dan Buku kas, RPD dan LPD, Pelelangan, Berita acara Revisi dan back up-nya, Perbaikan kualitas dan kuantitas, Time schedulle, Laporan akhir. Praktek mengukur Jembatan dan Jalan, Praktek mengukur gedung, praktek pembesian, diskusi umpan balik hasil praktek.
Hasil evaluasi dari pelaksanaan pelatihan : materi administrasi pembukuan TPK  dan dokumen lainnya sudah difahami, Kendala yang paling dominan ketika kegiatan lapangan, peserta masih perlu diberikan teori mendalam  dan langkah – langkah  kerja  sebelum praktek dimulai, hal ini dikarenakan latar belakang pendidikan peserta yang berbeda – beda. 
Rekomendasi dari hasil pelatihan, materi administrasi akan dipraktekkan dengan On The Job Training (OJT) dimasing – masing  kecamatan, sedang materi praktek lapangan masih sangat dibutuhkan dan akan di tindaklanjuti pada pertemuan rutin dalam bentuk IST (In service Training atau pendampingan ) setiap bulannya oleh para fasilitator – dikirim dan ditulis oleh Wahab Burhani Asisten FasTkab Kabupaten Lumajang.
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger