Home » , » PELATIHAN PENYEGARAN FASILITATOR KECAMATAN DAN FASILITATOR TEKNIK PNPM MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR

PELATIHAN PENYEGARAN FASILITATOR KECAMATAN DAN FASILITATOR TEKNIK PNPM MANDIRI PERDESAAN KABUPATEN LUMAJANG JAWA TIMUR

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Senin, 17 Desember 2012 | 12.15

Suasana acara pembukaan Pelatihan Penyegaran FK dan FT Kabupaten Lumajang
Kabupaten Lumajang Jawa Timur - Bertempat di ruang Kirana Hotel Lumajang  yang berada di jalan Ahmad Yani 301-303 Lumajang , pembukaan acara pelatihan penyegaran bagi FK dan FT Kabupaten Lumajang diselenggarakan tepat  pada hari Jumat 14 Desember 2012. Broto Judono FK dari Kecamatan Tempeh yang didapuk sebagai ketua pelaksana mengawali  dengan laporan nya di forum pelatihan. Disampaikan dalam laporan tersebut dasar pelaksanaan pelatihan penyegaran yaitu  Surat edaran Dirjend Pemberdayaan Depdagri  No 414.2/1440/PNPM-MP/II/2012 tanggal 31 Oktober 2012 dan  Surat KMW IV Provinsi Jawa Timur  No 201/PNPM-MPd/XI/2012  tentang pelatihan penyegaran FK tahun anggaran 2012 yang mempunyai  maksud memberikan tambahan pemahaman terhadap program kepada fasilitator dan meningkatkan teknik fasilitasi di lokasi tugas pendampingan.  Pelatihan penyegaran ini bertujuan untuk membangun komitmen fasilitator dalam melaksanakan pendampingan  dan memberikan tambahan dalam peningkatan kapasitas kepada masyarakat. Disampaikan pula oleh Broto bahwa peserta pelatihan  berjumlah 37 orang yang terdiri dari Fasilitator Kecamatan  bidang pemberdayaan 19 orang dan Fasilitator Kecamatan  bidang teknik berjumlah 18 orang dari 20 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lumajang. Anggaran Pelaksanaan pelatihan berasal dari APBN dengan  lama pelaksanaan 9 (sembilan) hari mulai dari tgl 14-22 Desember 2012, sedangkan pemateri atau pelatih dari tim Fasilitator Kabupaten.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat (DPM) Kabupaten Lumajang, Drs. Herman Wibowo dalam sambutannya menyampaikan, bahwa pelatihan penyegaran kali ini sangat pantas dan strategis, dimana Pemahaman tugas pokok dan fungsi FK dan FT dalam pendampingan program di tengah-tengah masyarakat  bisa lebih baik lagi. Selain itu, pelatihan penyegaran dapat dijadikan penguatan komitmen bersama antar  fasilitator agar sesuai dengan harapan program. Tentang Sosialisasi program kepada masyarakat juga disinggung , karena menurut beliau dari  hasil semiloka dengan DPRD yang dihadirnya disana anggota dewan mengeluhkan sosialisasi pnpm kepada masyarakat belum maksimal, namun disadari bahwa FK dan FT sudah berupaya secara optimal agar dapat bisa berpartisipasi. Simpan pinjam perempuan (SPP) sebagai salah satu bentuk kegiatan PNPM harus menjadi konsentrasi lebih FK dan FT . “Harus  jeli  karena masyarakat semakin pintar ,  Fasilitator harus lebih cermat, waspada  dan tangap” demikian tegas Herman.Sebelum membuka secara resmi acara pelatihan penyegaran FK dan FT, Kepala Dinas menyampaikan harapannya dari pelatihan  penyegaran ini agar  pelatihan diikuti secara seksama, dan dijadikan sebagai refleksi, tukar pikiran dan pengalaman antar  fasilitator di lokasi tugas.
Wajib menyanyikan Lagu Kebangsaan sebelum acara dimulai

    Turut hadir dalam acara pelaksanaan tersebut Penanggung Jawab Operasional Kabupaten Lumajang (PJOKab) Samsul Arifin, SP, MM  dan seluruh Fasilitator Kabupaten beserta Asisten. Acara pembukaan di tutup dengan doa yang  dipimpin oleh Imam Zubaidi, S.Ag  FK dari Kecamatan Pasirian.   
Pelatihan penyegaran bagi FK dan FT juga  dilaksanakan serentak  di 29 Kabupaten se Jawa Timur dengan jadual yang diagendakan semua akan berakhir pada 22 Desember 2012.  Materi pelatihan penyegaran sepenuhnya mengacu pada hasil pelatihan penyegaran bagi Fasilitator Kabupaten PNPM Mandiri Perdesaan yang sudah dilaksanakan pada tanggal 14 sampai dengan 22 November 2012 bertempat di Lor Inn Hotel Surakarta (silahkan baca juga di blog ini sebelumnya). - seperti ditulis via email oleh Dewangga FK Kecamatan Kunir Kabupaten Lumajang serta ditambah sedikit informasi tentang Penyegaran FK dan FT. [hry]
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger