Home » » Pelatihan Penyegaran Fasilitator PNPM GSC

Pelatihan Penyegaran Fasilitator PNPM GSC

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Kamis, 25 Oktober 2012 | 08.00


Surabaya, 17 Oktober 2012. Untuk menyegarkan kembali energi dan phkiran bagi para Fasilitator Kecamatan PNPM MPd GSC dilakukan Pelatihan  Penyegaran. Pelatihan dilakukan  secara serantak di seluruh Indonesia dimana program GSC diimplementasikan di 8 provinsi  – meliputi provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Gorontalo, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur (2007), kemudian Sulawesi Utara dan Sulawesi Barat (2011) dan Maluku (2012). Pelatihan dilaksanakan pada tanggal 17 – 25 Oktober 2012, khusus Jawa Timur dilaksanakan di Hotel Istana Permata Ngagel Surabaya dengan diikuti oleh 44 peserta yang terdiri dari 9 FK Perempuan dan 35 FK Laki-laki dengan di fasilitasi oleh 3 FasKab dan di observasi dan mentoring oleh Bapak Yonef Rizal, S.Sos (Specialist GSC) dan Bapak Syamsi (Master Trainer dari PSF World Bank). Acara pembukaan dihadiri oleh Bapak Gunung M Siagian, Bapak Ir. Joko Soetiono (Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan PNPM MPd GSC Provinsi Jawa Timur) serta Bapak Nurahman Joko Wiryanu, SH (Korprov).

Pelatihan Penyegaran Fasilitator Kecamatan PNPM MPd Generasi Sehat Cerdas ( GSC ) dilaksanakan di Hotel Istana Permata Ngagel Surabaya , 17 – 25 Oktober 2012. Acara dibuka oleh Bapak Gunung M Siagian – mewakili Satker PNPM MPd GSC Dirjen PMD – Direktorat Pemberdayaan Adat & Sosial Budaya.

PNPM MPd GSC di Jawa Timur mulai tahun 2007 di 5 Kabupaten yaitu Nganjuk, Magetan, Trenggalek, Malang dan Pamekasan yang tersebar di 50 Kecamatan, program ini lebih menitikberatkan pada bidang Pendidikan serta Kesehatan Ibu dan Anak. Harapan dilakukan pelatihan penyegaran  ini adalah agar peserta pelatihan yang terdiri dari para Fasilitator Kecamatan terpilih dan sangat peduli dengan keluarga miskin menjadi lebih fresh atau segar kembali untuk melaksanakan program di wilayahnya sesuai dengan Rencana Kegiatan Tindak Lanjut (RKTL) tetapi tetap menjaga kualitas pelaksanaan kegiatan, diharapkan semua kegiatan sudah harus selesai pada akhir Desember 2012 nanti.  Semakin banyak kegiatan yang dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat serta keluarga miskin adalah harapan dan tujuan program PNPM MPd GSC ini.

HARAPAN & SUARA DARI PESERTA

Harapan saya sebagai FK setelah pelatihan penyegaran ini adalah ada kesamaan pandang dalam hal tahapan kegiatan dan proses dalam pelaksanaan GSC  sehingga jika terjadi mobilisasi FK dimanapun mempunyai kesamaan paham, seperti disampaian oleh Debby Suryana, S.S  FK Kec. Tajinan – Malang.

Ketika ada persamaan persepsi antar FK akan menjadi mudah dalam melaksanakan program GSC di wilayah masing – masing, saya berharap materi pelatihan penyegaran membahas tuntas tentang proses dan tahapan kegiatan – seperti disampaikan oleh Sanuri Jamal, S.Ag – FK  Kec. Tlanakan – Pamekasan.

Tyas Himawan, ST  sebagai salah satu Faskab (Trenggalek) yang memfasilitasi pelatihan penyegaran ini berharap para peserta selalu mengacu kepada PTO dalam pelaksanaan kegiatan  dan pihak pemerintah lebih mengedepankan pada proses perencanaan yang bottom up planning (yang selama ini diperjuangkan oleh teman – teman Faskab dan FK) dari pada top down planning. Selama proses pelatihan saya akan bersama Pak Ir. Iskandar Munir (Faskab Pamekasan) dan Pak M. Aris Munandar (Faskab Magetan). [hry]
Share this article :

1 comments:

  1. oooo ternyata ada ya Provinsi Makassar??? :)

    BalasHapus

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger