Home » » Sosialisasi PNPM & Pameran Produk Unggulan Kab. Tuban

Sosialisasi PNPM & Pameran Produk Unggulan Kab. Tuban

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Senin, 20 Februari 2012 | 10.29

Tuban. Bertempat di Graha KSPKP Tuban pada 14 Februari 2012, H. Fathul Huda dan Ir. Noor Nahar Hussein, Msi. Bupati dan Wabup Tuban hadiri Sosialisasi PNPM Mandiri Perdesaan. Acara ini  dihadiri oleh DPRD, Bappeda, Bappemas, SKPD, Fasilitator Kabupaten, serta stakeholder tingkat kecamatan mulai dari Camat, PjOK, Fasilitator Kecamatan, BKAD dan Kepala Desa dari 19 Kecamatan di Kabupaten Tuban.
Dalam kesempatan itu Bupati memberikan apresiasi positif terhadap keberhasilan program dimana Program dengan administrasi paling tertib dengan fokus sasaran paling jelas dan tepat yakni Rumah Tangga Miskin hanya PNPM – MPd. Beliau juga berkomitmen menyediakan cost sharing semaksimal mungkin dan mengajak seluruh masyarakat untuk fokus pada pembangunan desa kearah peningkatan ekonomi dengan  lebih transparan dan buttom up sesuai dengan visi dan misi pemerintahannya sekarang yakni “Terwujudnya masyarakat Kabupaten Tuban Yang Lebih Maju, Religius, Sejahtera dan Bermartabat dalam Tata Pemerintahan yang Kreatif dan Bersih“.
Pada pembukaan Sosialisasi Wabup memaparkan perjalanan dan jumlah pendanaan program PNPM MPd hingga saat ini dengan mengajak Fasilitator agar lebih meningkatkan  peran dan fungsinya dalam mendampingi masyarakat untuk lebih berpartisipasi aktif dalam pembangtnan, meningkatkan peran perempuan, memaparkan hasil capaian program ekonomi dan infrastruktur dengan mengajak peran aktif stakeholder ditingkat kecamatan mulai dari Camat sampai Kepala Desa untuk lebih mensukseskan program pengentasan kemiskinan diwilayahnya. Wabup juga mengunjungi pameran produk unggulan hasil kelompok Ekonomi/SPP pada semua stand dari 19 UPK Kecamatan se – Kabupaten Tuban.

Adapun Wakil Ketua DPRD TubanAris Setiawan tetap berkomitmen pada semua program penanggulangan kemiskinan berbasis pemberdayaan masyarakat utamanya PNPM – MPd agar kemiskinan segera teratasi  dengan menelurkan peraturan perundangan yang pro – rakyat.  Sedangkan  BappedaIr. Budi Wiyana menekankan optimalisasi pelaksanaan perencanaan pembangunan dengan  Sistem Manajemen Pembangunan Partisipatif, Alur dan Tahapan Musrenbangdes hingga Musrenbangkab dapat berjalan sesuai keinginan dengan harapan RPJMDes yang telah terealisasi bersama PNPM -  MPd, dapat segera terakomodir. Evaluasi Pelaksanaan PNPM – MPd di Kab. Tuban dilakukan oleh Bappemas, Moh. Amin dengan harapan kegiatan TA. 2011 yang masih belum terselesaikan agar segera terealisasi, utamanya LPJ DDUB dan Laporan Akhir Kegiatan disamping persiapan Audit BPKP pada Maret  April 2012.Fasilitator Kabupaten, Ir. Ari Saputro Wibowo  dalam sosialisasinya berharap agar Integrasi horisontal maupun vertikal dapat benar – benar  terealisasi agar perencanaan pertisipatif dalam PNPM – MPd mendapatkan kekuatan legal dapat diterapkan pada berbagai program pembangunan desa serta pemberdayaan masyarakat sebagai wujud penguatan kedaulatan rakyat dikawal melalui Musrenbang. red: fasta_tj@yahoo.com
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger