Home » » RBM - PNPM Mandiri Kab. Tuban

RBM - PNPM Mandiri Kab. Tuban

Dipublikasikan Oleh PNPM Mandiri Perdesaan Jawa Timur pada Sabtu, 21 Januari 2012 | 11.16

Bertempat di Graha Cempaka Gedung KSPKP Tuban, pada 10 Desember 2011 telah terlaksana Pelatihan Pengembangan Media dalam rangka mengakses dana Ruang Belajar Masyarakat (RBM) PNPM MPd Kabupaten Tuban. Kegiatan tersebut dibuka oleh Penanggungjawab Operasional Kabupaten, Drs. Nawawi dari Bappemas Pemdes dan KB Kab. Tuban, yang menghimbau dan mengajak para peserta belajar bersama dengan penuh kesadaran agar dapat memanfaatkan Dana RBM dengan semaksimal mungkin dimana tujuan RBM adalah peningkatan kesadaran kritis, kapasitas, dan daya korektif masyarakat dalam rangka menuju terciptanya masyarakat yang semakin mandiri dan sejahtera.

Sedang koordinator media diharapkan agar mampu melakukan evaluasi terhadap sosialisasi program, melakukan telaah dan rencana kebutuhan media yg sesuai karakteristik lokal, menyusun materi pengembangan media, memfasilitasi terealisasinya media yg mampu mendorong terhadap pengembangan Ruang Belajar Masyarakat, memantau dan mendukung pelaksanaan sosialisasi program serta memfasilitasi kegiatan peningkatan kapasitas antar pelaku program.
Sebagai Narasumber pada pelatihan ini, Koordinator Kelompok Kerja (Pokja)  bidang Pengembangan Media menghadirkanDwi SetiyawanPraktisi Jurnalis dari Radar Bojonegoro (Biro Tuban), Badan Humas dan Media kabupaten Tuban, Imadudin sertaTeguh Budi Utomo Jurnalis dari Gapura News yang juga wartawan senior dari Harian Surya.  Pemaparan narasumber pertama adalah Materi Pengembangan Media Informasi secara umum yang mengajak peserta mengenal Berita, Teknik Mencari Berita, Teknik Penulisan Berita dengan harapan  agar media Informasi dan komunikasi yang masih minim pada PNPM Mandiri Perdesaan selama ini lebih berkembang dalam bentuk dan variasi serta manfaat dan tujuannya dalam sosialisasi, pelaksanaan dan pengawasan program pada ruang publik yang lebih luas.
Sedangkan pemateri kedua dari Badan Humas dan Media Kabupaten Tuban, Imadudin memaparkan Materi Pengembangan Media Komunikasi dalam Paradigma Pembangunanlebih menitikberatkan Undang – Undang RI No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, kebebasan mengeluarkan pendapat dan gagasan tanpa intervensi yang terus berkembang dengan kemajuan tehnologi informasi dan terbukanya kran demokrasi diera reformasi dan Komunikasi Publik, dimana semua media akan menjadi sumber pengambilan kebijakan pemerintah dalam pembangunan karena berasal dari keinginan masyarakat, disamping sebagai fungsi pengawasan/kontrol karena masyarakat adalah pelaku pembangunan.
Juga Teguh Budi Utomo Jurnalis dari Gapura News dan wartawan senior dari Harian Surya yang memberikan Materi Pengelolaan Media Informasi, beliau lebih menekankan manajemen Redaksional pada media baik cetak maupun elektronik mulai dari struktur Organisasi, Tim kerja dan Perencanaan Berita sesuai esensi munculnya media juga karakteristik seorang journalist dengan harapan Media yang digagas pada kegiatan Ruang Belajar Masyarakat mampu membawa wacana dan perubahan baru pada pelaku program dan masyarakat pada umumnya terkait kegiatan PNPM Mandiri Perdesaan diwilayah Kabupaten Tuban.
Pada sesi akhir capaian hasil kegiatan pelatihan disepakati munculnya Buletin dan Tabloid pada kegiatan RBM tahun ini, adapun agenda non – pelatihan yang telah menjadi agenda program Pokja pengembangan Media adalah Advertorial Surat kabar pada Jawa Pos Radar Bojonegoro, Program siaran radio Swasta dan Pemerintah, Penerbitan Buletin dan tabloid PNPM Mandiri Perdesaan Kab. Tuban serta Website.Dalam usaha mensukseskan pelaksanaan dan penyerapan Dana kegiatan Ruang Belajar Masyarakat yang merupakan tahun pertama di Kabupaten Tuban, besar harapan Pokja RBM khususnya Pokja pengembangan Media kepada semua pihak utamanya Satuan Kerja PNPM, Setrawan Kabupaten dan  Kecamatan, Fasilitator Kabupaten dan Kecamatan dan semua pelaku PNPM MPd Kabupaten Tuban untuk dapat bahu membahu serta memberikan apresiasi lebih untuk dapat memaksimalkan manfaat dan fungsi Ruang Belajar Masyarakat sebagai sarana belajar bagi semua pelaku dan masyarakat pada umumnya sehingga muncul penerbitan, penyiaran, publikasi terhadap pengalaman terbaik lapangan. Salam Kompak!!!
(*) Fasilitator Kecamatan PNPM Mandiri Perdesaan Kec. Palang
Share this article :

0 comments:

Poskan Komentar

Silahkan ketikkan komentar Anda...

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Berita Seputar PNPM

Arsip lain Kategori ini »

Good Practices

Arsip lain Kategori ini »
Published by : Magister Pendidikan
Copyright © 2013. PNPM Mandiri Perdesaan - Jawa Timur - All Rights Reserved
Created and Support by A.M.C. Purnama
Proudly powered by Blogger